Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jus Buah Tak Lebih Sehat dari Minuman Bersoda?

Kompas.com - 11/02/2014, 14:20 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Minuman bersoda acap kali dianggap sebagai "musuh" bagi pelaku diet. Pasalnya, minuman ini mengandung gula tambahan yang banyak sehingga dapat meningkatkan berat badan karena "kalori kosong"-nya, sekaligus risiko penyakit jantung dan diabetes.

Atas alasan itulah, jus buah dipilih untuk menggantikan minuman bersoda karena dinilai lebih sehat. Kini, penelitian para ahli di Inggris mengindikasikan, bahkan jus buah tanpa gula tambahan sekalipun memiliki risiko yang hampir sama dengan minuman bersoda.

Dalam laporan yang ditulis Lancet Diabetes and Endocrinology tersebut, para peneliti membandingkan kandungan gizi dari jus apel dengan minuman bersoda kalengan.

Sekitar satu cangkir atau sekitar 150 mililiter jus apel mengandung 110 kalori dan 26 gram gula. Menurut mereka, kandungan kalori dan gula yang ada di jus apel hampir sama dengan yang terdapat pada minuman bersoda dengan volume penyajian yang sama.

Para peneliti juga mengaitkan studi baru tersebut pada studi sebelumnya yang menemukan hubungan antara konsumsi jus anggur rutin dengan peningkatan resistensi insulin, pemicu diabetes. Namun menurut peneliti, kerugian tersebut diimbangi dengan manfaat vitamin dan mineral yang ditawarkan oleh jus buah.

"Ini tentu tidak dimiliki oleh minuman dengan tambahan gula lain seperti minuman bersoda," ujar peneliti Profesor Naveed Sattar dari University Glasgow's Institute of Cardiovacular and Medical Sciences.

Ia mengatakan, jus buah mengandung lebih banyak gula daripada satu buah utuh. Ini karena buah utuh mengandung serat buah yang tidak ditemukan atau sedikit dalam jus buah.

Namun para peneliti menegaskan, hasil studi tidak melarang konsumsi jus buah karena di samping risikonya, ada pula sejumlah manfaat yang ditawarkannya. Meskipun perlu diperhatikan bahwa satu cangkir jus buah seharusnya tidak lagi dihitung sebagai lima sajian buah dan sayur yang perlu dikonsumsi dalam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com