Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2014, 08:19 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
– “Tua Oke, Pikun No Way!” kalimat itu berulang kali diucapkan Siti Sariah (78) dengan suara keras dan lantang. Langkah kakinya terus berjalan tanpa kenal lelah pagi itu.

Siti adalah satu dari sekian banyak orang lanjut usia (lansia) yang berusaha melawan demensia atau kepikunan dengan mengikuti jalan sehat Peduli Alzheimer di jalur car free day, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/9/2014).

Jalan sehat dilakukan Siti bersama lansia lainnya yang mengenakan baju ungu bertuliskan “Jangan Maklum dengan Pikun”. Jalan sehat ini dalam rangka bulan alzheimer yang diperingati setiap bulan September di seluruh dunia.

Jalan sehat bukan hal yang baru dilakukan Siti. Setiap pagi di sekitar rumahnya kawasan Tebet, Jakarta Selatan, ia juga rutin berjalan kaki. Jalan sehat menjadi salah satu cara baginya untuk melawan demensia atau kepikunan.

Meski sudah berusia lanjut, Siti yang memiliki 9 anak, 20 cucu, dan 4 cicit ini tak hanya berdiam diri di rumahnya. Hampir setiap hari ia berdagang dengan menjual makanan ringan.

“Berdagang utamanya bukan buat cari untung dari sisi ekonomi. Biar ada kegiatan terus saja,” kata Siti.

Siti juga rajin mengecek kesehatan dan mengatur pola makannya. Selain itu, ia mengikuti berbagai kegiatan seperti bergabung dengan sejumlah lansia lainnya di tingkat kecamatan. Kegiatan positif bersama lansia lainnya ia dapatkan seperti senam sehat dan edukasi mengenai lansia.

“Bersama lansia di kecamatan kita suka dikasih dongeng-dongeng mengenai otak,” kata Siti.

Terbukti, hingga menginjak usia hampir 80 tahun, Siti tetap sehat. Ia juga tidak menderita demensia alzheimer yang menyebabkan pikun dan penurunan kemampuan mental itu.

Begitu juga halnya dengan Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi yang terlihat penuh semangat mengikuti jalan sehat itu. Wanita berusia 74 tahun ini berusaha melawan kepikunan dengan menikmati dan mencintai pekerjaannya. Nafsiah juga menerapkan pola hidup sehat sejak remaja. Menurut Nafsiah, hingga tua seseorang tetap pbisa berguna dan produktif.

"Yang penting kita upayakan hidup sehat.  Kita harus aktif dan produktif pada usia berapa pun," kata Nafsiah.

Bersosialisasi juga penting. Seperti jalan sehat yang dilakukan para lansia ini. Tak hanya sehat secara fisik, tetapi juga jiwa. Mereka melakukan jalan sehat dengan perasaan senang atau bahagia. Para lansia ini melakukan jalan sehat sambil menyanyikan lagu berikut.

Lansia bermartabat, berguna sepanjang hari
Lansia berdikari, bisa hidup mandiri
Lansia jalan sehat, hidup tetap semangat
Badan sehat dan kuat, lansia memang hebat!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com