Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2014, 08:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


TANYA:
Hi Dok, saya dengan Dewi 24 tahun, saya memiliki permasalahan selama setahun belakangan ini, saya sering melamun, berbicara sendiri dan otak seperti tidak pernah berhenti berpikir sehingga sekarang saya merasa bicara saya tidak lancar dan cenderung gagap. Saya perokok berat, memiliki trauma pelecehan seksual dan pendiam, saya merasa saya tidak bisa berpikir dengan jernih dan selalu tidak bisa fokus. Apakah keadaan saya benar-benar depresi dok ? Saya mohon bantuan dan infonya.
Dewi, Bali

JAWAB:
Hi Dewi yang baik,
Penentuan diagnosis gangguan jiwa haruslah berdasarkan pemeriksaan langsung kepada pasien lewat wawancara psikiatrik dan pemeriksaan fisik serta jika perlu pemeriksaan penunjang (laboratorium atau imaging).

Beberapa gejala gangguan kejiwaan memang sepertinya Dewi alami tapi belum jelas arahnya ke mana jika hanya digambarkan lewat tulisan seperti ini. Jika memang suka berbicara sendiri, apakah yang Dewi maksud adalah halusinasi dengar atau memang Dewi sedang berbicara dalam hati saja terhadap diri sendiri.

Saya sarankan Dewi untuk memeriksakan diri ke psikiater apalagi jika Dewi sudah mengalami gangguan dalam kehidupan pribadi maupun sosial karena kondisi ini. Jangan dibiarkan terlalu lama agar kualitas hidup Dewi kembali membaik.

Salam Sehat JIwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com