Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Makan Tak Sehat Belum Tentu Memicu Kanker?

Kompas.com - 14/01/2015, 07:20 WIB

KOMPAS.com - Penyebab pasti kanker memang belum diketahui sampai saat ini. Ada yang menyebutkan kanker terkait erat dengan pola makan tidak sehat dan faktor genetik, tapi studi paling baru menyebut ada missing link antara pola makan dan tercetusnya kanker.

Para ahli selalu menyebutkan bahwa makanan tak sehat, seperti makanan cepat saji, tepung, pemanis buatan, soda, alkohol, dan daging merah, bisa menyebabkan tumbuhnya tumor dalam tubuh. Walau pada kenyataannya kita kerap mendapat kabar orang-orang yang sangat menjaga pola makannya ternyata juga tak bisa berkelit dari kanker.

Peneliti dari Johns Hopkins University School of Medicine belum lama ini mempublikasikan hasil penelitian mereka yang kontroversial: kanker lebih banyak terjadi karena nasib buruk semata.

"Nasib buruk berperan besar dalam menentukan siapa yang terkena kanker dan siapa yang tidak, bukan karena faktor keturunan atau gaya hidup beresiko seperti merokok," tulis para peneliti. Kesimpulan ini mereka buat berdasarkan studi yang menemukan bahwa dua pertiga insiden kanker dari berbagai jenis  terjadi karena mutasi random genetik yang mendorong tumor tumbuh.

Jika demikian, mengapa kita begitu terobsesi pada apa yang boleh kita makan atau minum? Mengapa sebagian besar orang saat ini merasa bersalah dan khawatir jika harus mengonsumsi sepotong daging merah?

Kekhawatiran tersebut ternyata tak lepas dari faktor evolusi.Rasa skeptis yang kita miliki sebenarnya diturunkan dari nenek moyang dalam darah kita untuk bertahan hidup. Terkadang buah berrie yang tampak lezat hanyalah buah berrie, tapi terkadang buah itu bisa membuat perut kita melilit.

Tetapi tak dipungkiri banyak juga orang yang merasa dirinya lebih pintar dan sehat jika ia memiliki sederet daftar bahan makanan yang dipantang. Makin banyak makanan yang dipantang, makin merasa sehatlah ia.

Padahal, dalam konteks nutrisi para ahli selalu menganjurkan kita untuk mengonsumsi beragam jenis makanan alami. Makin bervariasi bahan makanan, makin tercukupilah nutrisi yang diperlukan tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com