Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2015, 15:00 WIB


TANYA:

 
Selamat malam dok, saya sudah menikah hampir dua tahun. Sebelumnya saya sudah pernah hamil. Di usia kehamilan 25 minggu saya melahirkan spontan tetapi bayi saya meninggal dalam kandungan.
 
Saat ini saya merencanakan kehamilan yang kedua tapi sampai detik ini saya belum kunjung hamil, padahal saya tidak ber-KB. Yang ingin saya tanyakan, apakah kesuburan saya terganggu setelah kehamilan pertama. Belakangan ini siklus menstruasi saya tidak teratur, kadang dua bulan sekali.

Apakah setiap bulan seorang wanita harus mengeluarkan sel telurnya agar siap dibuahi? Terimakasih atas jawaban dokter.
 
Ida Fitri (23), Tegal


JAWAB:

Ibu Ida Fitri yth,

Untuk hamil lagi diperlukan persiapan yang matang. Ibu harus sehat jiwa dan raga. Riwayat kehamilan sebelumnya bisa mempengaruhi persiapan hamil ini.

Untuk sehat fisik ibu upayakan makan yang bergizi. Jangan sampai jadi gemuk. Bebaskan dari rokok, kopi dan alkohol. Olah raga secara teratur dan cukup istirahat.

Untuk sehat psikis, ibu upayakan untuk tidak stress, capek atau sibuk. Kalau memerlukan advis psikolog karena riwayat kehamilan terdahulu, juga boleh.

Dengan persiapan yang baik, maka kualitas telur dan sperma juga bagus. Dan akhirnya bayinya juga sehat.

Untuk kesuburan, memang normalnya setiap bulan akan ada telur yang matang, tapi itu juga terkait dengan aktivitas ibu. Kalau sedang sakit, capek atau sibuk maka seringkali telurnya tidak matang. Jadi kembali lagi, ibu harus dalam keadaan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com