Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2015, 08:10 WIB

TANYA:
Dok, saya mau tanya. Saya pengen pasang behel, tetapi harganya mahal. Saya pernah baca blog kalau pengen murah, mulai dari pencabutan gigi yang sekiranya perlu di cabut dulu itu cabut di dokter gigi lain sendiri, terus kalau bracket mending beli sendiri saja. Jadi pas mau pemasangan behel enggak terlalu mahal hanya bayar biaya pemasangan saja. Apakah itu benar dok? Terima kasih, mohon penjelasannya.

Devi Gavetasari (21), Sidoarjo

JAWAB:
Hai Devi di Sidoarjo,
Jika Anda berniat melakukan pemasangan kawat gigi, tentu saja yang terbaik adalah dengan mendatangi dokter gigi spesialis ortodonti (ortodontis). Perawatan yang akan diberikan oleh ortodontis lebih terintegrasi dan menyeluruh, sebab mereka akan melakukan perawatan sesuai hasil analisis model gigi dan radiografis gigi Anda. Mulai dari gigi mana yang perlu dilakukan pencabutan, pemilihan sistem kawat gigi, dan jenis kawat gigi yang sesuai dengan kasus. Ortodontis dapat merawat kasus kelainan susunan gigi yang ringan sampai berat.

Pilihan berikutnya adalah dengan mendatangi dokter gigi umum. Dokter gigi umum berwenang melakukan perawatan kawat gigi untuk kasus kelainan susunan gigi yang ringan. Biaya pemasangan kawat gigi oleh dokter gigi umum lebih murah dibandingkan dokter gigi spesialis ortodonti.

Pilihan terakhir adalah dengan mendatangi rumah sakit khusus gigi dan mulut. Di rumah sakit ini Anda dapat memperoleh perawatan kawat gigi dengan harga yang lebih terjangkau, dengan fasilitas memadai. Mungkin yang terdekat dengan kota Anda adalah rumah sakit khusus gigi dan mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga di Surabaya.

Jika Anda sendiri yang membeli alat untuk pemasangan kawat gigi, belum tentu alat tersebut sesuai untuk kasus Anda. Jadi sebaiknya Anda menyerahkan seluruh perawatan kawat gigi kepada dokter gigi yang kompeten.

Masalah harga yang mahal, tentu saja sepadan dengan hasil yang akan didapat. Perawatan kawat gigi memang proses perawatan jangka panjang dan tidak mudah. Demikian Devi, semoga informasinya bermanfaat.

Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com