Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Menyesal, Ayo Berikan Bayi ASI Eksklusif!

Kompas.com - 14/05/2015, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi dan diberikan minimal pada 6 bulan pertama kelahiran bayi. ASI mencukupi semua kebutuhan nutrisi bayi, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

ASI juga mengandung zat kekebalan tubuh dari ibu yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit. Sayangnya, sering kali pemberian ASI selama 6 bulan pertama dicampur dengan susu formula. Alasannya, ASI sudah tidak keluar dari payudara ibu atau tidak cukup memenuhi kebutuhan bayi.

Pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Sandra Fikawati mengatakan, hal itu sering terjadi karena kurangnya pengetahuan ibu hamil mengenai manfaat luar biasa dari pemberian ASI eksklusif.

"Banyak yang ternyata tidak tahu pentingnya ASI eksklusif. Setelah tahu, kemudian menyesal. Saya tidak mau banyak ibu-ibu menyesali tindakannya," kata Fika dalam acara peluncuran buku Gizi Ibu dan Bayi di FKM UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (13/5/2015).

Menurut Fika, semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif dengan lancar jika asupan gizinya baik sejak mengandung maupun setelah melahirkan. Setiap ibu pun harus memiliki niat yang kuat untuk tetap memberikan ASI eksklusif dan tetap berusaha ketika ASI mulai sulit keluar.

"Jangan ketika ASI tidak keluar langsung memberikan bayi susu formula," kata dia.

Pada 6 bulan pertama kehidupan, sistem imun bayi belum sempurna dan organ pencernaannya belum matang sehingga membutuhkan asupan gizi yang mudah dicerna. ASI juga mengurangi risiko bayi terkena alergi.

Banyak penelitian mengungkapkan, pemberian ASI juga membuat bayi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit degeneratif, seperti darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan ini pun termasuk dalam pentingnya asupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan bayi. Gizi yang baik pada awal kehidupan menentukan masa depan anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com