Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2015, 10:45 WIB
KOMPAS.com - Refluks asam lambung merupakan kondisi asam lambung naik ke esofagus pasien dan menyebabkan sensasi di dada yang sering disebut sebagai heartburn.

Gejala refluks asam lambung bervariasi, ada yang merasa mulas, ada juga yang gejalanya justru sakit di tenggorokan. Memang ada obat-obatan yang mampu mengatasi refluks asam, tapi sebaiknya pasien menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu kekambuhan.

Selain lewat obat, ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengatasi refluks asam. Pertama adalah perhatikan cara berpakaian Anda.

Pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan tekanan di bagian perut sehingga asam lambung dapat berbalik naik ke esofagus.

Kedua adalah mengurangi porsi makan. Makan dalam porsi kecil tapi sering justru lebih dianjurkan. Seringkali pasien asam refluks mengalami kekambuhan setelah makan dalam porsi besar atau berlebihan.

Kebiasaan merokok juga perlu dihindari. Nikotin dapat melemahkan otot di antara lambung dan esofagus yang menahan asam lambung tidak berbalik. Selain itu, rokok juga bisa menyebabkan lambung memproduksi terlalu banyak asam.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar posisi tubuh tetap tegak setelah makan sehingga makanan dapat lancar masuk ke sistem pencernaan.

Terakhir, kenali apa yang menjadi pemicu kambuhnya refluks asam. Beberapa jenis makanan yang bisa jadi pemicu antara lain makanan berlemah, pedas, kafein, cokelat, minuman asam, dan alkohol.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com