Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perselisihan Terbukti Menurunkan Kepuasan Seks

Kompas.com - 17/01/2016, 20:17 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Tingkat kepuasan seksual pada pasangan dapat menurun setelah hubungan berjalan satu tahun. Begitu penemuan sebuah studi dari Jerman.

Peneliti dari Ludwig Maximillian University, Munich mencari tahu berapa lama pasangan merasa puas secara seksual dalam sebuah relasi.

Mereka memakai data the German Family Panel Data Study yang melibatkan 3.000 orang yang berkomitmen dalam sebuah hubungan percintaan dan berusia antara 25-41. Peserta penelitian itu diminta untuk melaporkan seberapa bahagia mereka dengan kehidupan seks mereka.

Studi yang diterbitkan di jurnal Archives of Sexual Behavior itu menemukan kepuasan seks meningkat dalam satu tahun berjalannya sebuah hubungan. Namun, kepuasan itu menurun setelah satu tahun.

Meskipun hasil penelitian itu tidak mengatakan perkawinan dan hidup bersama memengaruhi kepuasan seks, yang tentu berlawanan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Adanya anak-anak juga tampaknya tidak memengaruhi.

Pertengkaran dan perselisihan pendapat yang menjadi akar penyebab penurunan kepuasan seks. Hal ini terlihat pada kepuasan yang menurun setiap terjadi peningkatan perselisihan. Bahayanya, pasangan cenderung berhenti belajar mengenali kebutuhan satu sama lain setelah hubungan berusia satu tahun.

"Kami tidak menemukan anak berperan besar pada kepuasan seks pasangan suami istri. Riset juga membuktikan, bahwa frekuensi seks amat dipengaruhi keberadaan dan usia anak-anak," kata peneliti Claudia Schmiedeberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com