Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2016, 17:41 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak sekaligus mengurangi beberapa kilogram berat badan, diet ini bisa menjadi pilihan.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa apa yang kita makan memiliki dampak besar pada kualitas tidur.

Penelitian menganalisa hubungan tersebut pada 26 orang dewasa, yang terdiri dari 13 pria dan 13 wanita, dengan usia rata-rata 35 tahun. Mereka diminta untuk menghabiskan lima malam di laboratorium tidur.

Tiap malam, rata-rata durasi tidur responden berkisar 7 jam dan 35 menit. Selama empat hari pertama percobaan, mereka makan menu yang terkontrol. Pada hari kelima, mereka bebas memilih makanan mereka sendiri.

Hasilnya, peserta tertidur hampir dua kali lebih cepat setelah mengonsumsi makanan dikontrol, yang dirancang oleh ahli gizi. Makanan tersebut memiliki jumlah lemak jenuh yang rendah, tinggi serat, dan tinggi akan protein.

Sedang di malam terakhir, saat peserta bebas memilih makanan berlemak, tidur mereka tidak senyenyak malam sebelumnya, bahkan ada beberapa peserta yang kesulitan tidur.

"Itu yang paling mengejutkan bahwa satu hari mengasup lemak yang lebih besar dan serat rendah dapat memengaruhi parameter tidur," kata penulis studi Marie-Pierre St-Onge dari Columbia University Institute of Human Nutrition.

Pada malam terakhir, para peneliti menemukan bahwa peserta mengalami kurang tidur dan lebih mungkin untuk bangun sepanjang malam. Saat makanan mereka dijaga, rata-rata dari peserta membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk tertidur. Sedang saat mereka “asal” memilih makanan, mereka bahkan membutuhkan waktu 30 menit lebih untuk bisa tertidur.

"Studi ini menekankan fakta bahwa tidur dan gaya hidup sehat memiliki kaitan erat," Dr Nathaniel Watson, presiden American Academy of Sleep Medicine mengatakan dalam siaran pers.

"Untuk kesehatan yang optimal adalah penting untuk membuat pilihan gaya hidup yang membuat tidur lebih baik, seperti makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur."

Para peneliti mengatakan, bila Anda ingin mencobanya, mempertimbangkan untuk memasukkan makanan tinggi serat seperti beras merah, rami, kacang-kacangan, lentil, buah, dan sayuran hijau dalam setiap piring saji Anda.

Mengurangi jumlah daging, keju dan, makanan yang digoreng akan membantu Anda mengurangi lemak jenuh dan tidur lebih mudah.

Studi sebelumnya pun telah menemukan bahwa diet kaya serat dapat membantu Anda mencapai berat badan yang sehat, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan membuat pencernaan Anda berjalan lebih lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com