Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Kelamin Tentukan Waktu Terbaik Konsumsi Karbohidrat

Kompas.com - 28/03/2016, 18:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber MSN.com

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan pembakaran kalori maksimal pada sesi olahraga, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari England’s University of Surrey menyarankan, seseorang harus mengonsumsi karbohidrat di waktu yang tepat. Dan itu berbeda antara pria dan wanita.

Ketika pria mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga, tubuh mereka akan membakar lebih banyak kalori dan lemak selama tiga jam pasca olahraga ketimbang para pria yang makan karbohidrat sebelum olahraga.

Sedangkan untuk perempuan, kondisi itu justru terjadi sebaliknya. Perempuan yang makan karbohidrat sebelum olahraga, akan membakar kalori dan lemak lebih banyak. Sementara bagi perempuan yang makan karbohidrat setelah sesi olahraga, mengalami pembakaran yang lebih sedikit.

Untuk mengonfirmasi hasil tersebut, para peneliti bekerja sama dengan salah satu show BBC Trust Me, dan melibatkan Dokter untuk menganalisis kembali penelitian tersebut.

Dalam sesi tersebut, responden pria dan wanita mengambil tiga kelas latihan Zumba, HIIT, dan spinning selama satu bulan dan mengonsumsi karbohidrat sebelum atau setelah latihan.

Hasil yang didapat pun sama: Pria yang mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga dan wanita yang mengonsumsinya sebelum olahraga berhasil membakar kalori dan lemak lebih banyak.

Menurut penulis studi Adam Collins, Ph.D., ada bukti yang menunjukkan bahwa saat pria berolahraga tanpa ada asupan karbohidrat, maka tubuh pria akan beradaptasi lebih besar dalam membakar lemak dan membentuk otot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com