Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2016, 22:19 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mempercepat metabolisme, Anda perlu membangun lebih banyak otot, minum banyak air es, dan mencoba untuk tidak hanya menghabiskan waktu untuk duduk santai. Anda pasti sudah tahu ini.

Tapi, sebenarnya ada banyak faktor lain lain yang memengaruhi metabolisme dan mungkin, selama ini Anda mengacaukankannya tanpa sadar seperti yang terungkap di bawah ini.

 

Anda memusuhi susu

Otot sangat penting untuk menjaga metabolisme dan wanita yang mengonsumsi tiga hingga tujuh porsi susu perhari, terbukti kehilangan lebih banyak lemak dan memperoleh massa otot lebih dari wanita yang jarang mengonsumsi susu, demikian menurut penelitian dari McMaster University.

"Susu adalah sumber whey dan kasein yang bermanfaat untuk pembentukan otot. Otot yang terbentuk lebih baik, berarti metabolisme yang lebih baik juga," kata pelatih olahraga Brian St. Pierre, RD.

 

Anda terlalu sering berada di udara panas

Orang yang tidur di dalam kamar bersuhu 18 °C selama satu bulan, mampu membakar jaringan lemak sebanyak dua kali lipat dari mereka yang tidur di ruangan bersuhu kamar.

"Lemak menjadi lebih aktif dalam suhu dingin untuk membantu membuat kita tetap hangat," kata Aaron Cypess, MD, seorang ahli endokrinologi di National Institute of Health.

 

Anda diet karbohidrat dengan ekstrim

Benar, penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa untuk menurunkan berat badan, efektivitas diet rendah karbohidrat mengalahkan diet rendah lemak. Tapi itu tidak berarti Anda harus menghilangkan karbohidrat sepenuhnya, terutama jika Anda berolahraga secara teratur.

"Selama latihan, otot-otot Anda memerlukam glikogen dari penyimpanan karbohidrat dalam tubuh Anda," kata St Pierre. "

Jika Anda tidak cukup mengonsumsi karbohidrat, tingkat glikogen Anda akan terlalu rendah dan Anda tidak akan memiliki energi untuk berolahraga dengan intens."

Akibatnya, Anda akan membakar kalori lebih sedikit selama latihan serta pasca-latihan. Konsumsilah satu porsi karbohidrat (sekitar ukuran satu separuh batok kelapa) seperti oatmeal, beras merah, atau ubi jalar.

 

Anda terburu-buru dengan latihan kekuatan

Bicep curls, bench press, dan deadlifts adalah cara yang bagus untuk membangun otot. Tapi mempercepat jenis latihan ini, akan menyebabkan Anda kehilangan manfaat peningkatan metabolisme yang berasal dari gerakan eksentrik-atau gerakan menurunkan beban.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com