Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2016, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Sebelum diet, ada banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk gaya hidup, berat badan, waktu, dan metabolisme. Banyak yang tidak sadar tentang metabolisme tubuh mereka ketika menjalani diet. Untuk itu, ketahuilah fakta tentang metabolisme tubuh sebelum diet:

1. Tingkat metabolisme setiap orang adalah berbeda dan kita tidak bisa mengubahnya, hanya bisa memengaruhinya. Metabolisme adalah porses yang terdiri dari dua tahap.

Pertama, anabolisme, dimana ketika energi dibuat dan disimpan. Yang kedua adalah katabolisme, dimana ketika energi yang disimpan selanjutnya dikeluarkan.

Kita tidak dapat mengubah bagaimana sistem endokrin kita bekerja, namun kita dapat memengaruhi dengan mengubah gaya hidup dan kebiasaan makan, termasuk olahraga dan diet yang benar.

 

2. Sesuaikan asupan kalori tergantung dengan tingkat dasar metabolisme tubuh. Tingkat dasar metabolisme tubuh merupakan tingkat metabolisme kita, yaitu seberapa cepat dan lambat metabolisme itu.

Setelah mengetahui ini, kita dapat dengan mudah menyesuaikan asupan kalori dan mengurangi berat badan yang diinginkan.

 

3. Berolahraga dan aktivitas fisik lainnya juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini kemudian akan membuat berat badan berkurang lebih cepat.

Mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik menjadi pilihan tepat untuk mengurangi berat badan serta menjadikan metabolisme tubuh tetap baik bahkan meningkat.

 

4. Memiliki massa otot juga akan membuat metabolisme tubuh lebih cepat meningkatkan. Saat berolahraga, tingkatkan massa otot, sehingga kemudian akan membantu tubuh lebih baik dan sehat.

 

5. Tidur nyenyak ketika sedang diet juga akan memengaruhi metabolisme tubuh. Ketika diet, kita melewatkan makan malam agar dapat menurunkan berat badan, namun kita tidak dapat tidur dengan baik atau tidak nyenyak.

Ketika tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, maka akan memengaruhi sistem endokrin, dimana sistem ini menentukan metabolisme tubuh yang sangat penting untuk mendapatkan tidur nyenyak.

 

6. Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh juga akan melambat atau turun. Jadi, tergantung pada usia untuk mendapatkan makan serta diet yang tepat.

 

7. Jika memiliki masalah tiroid, sebanyak apapun usaha diet, itu tidak akan berhasil. Masalah tiroid memengaruhi metabolisme tubuh, sehingga diet tidak akan membuat perubahan pada berat badan.

 

Ada baiknya, kenali metabolisme tubuh Anda sebelum melakukan diet. Sehingga, Anda bisa menentukan pola diet yang paling tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com