Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2016, 12:45 WIB

KOMPAS.com - Efek dari tidur kurang berkualitas di pagi hari mirip dengan tidur kurang. Ini berarti, Anda akan merasa lelah, kurang konsentrasi, dan sulit bangun dari tempat tidur.

"Memang kita tak akan bisa langsung bangun dan merasa segar saat alarm berbunyi, tapi jika satu jam setelah bangun tubuh masih terasa lelah dan mengantuk, kemungkinan Anda kurang mengalami tidur dalam," kata Shelby Harris direktur Pengobatan Perilaku Tidur di Motefiore Health System, AS.

Ketahui apa saja tanda-tanda Anda kurang mendapat tidur dalam meski durasi tidur sudah cukup.

1. Terus mengantuk
Normal jika Anda merasa mengantuk setelah makan siang. Tetapi, kualitas tidur yang buruk bisa jadi penyebab mengapa Anda juga mengantuk di pagi hari atau sore, serta terus-menerus menguap.

"Banyak orang mengira mereka tertidur semalaman, tetapi orang dengan gangguan tidur sleep apnea, sepanjang waktu tidur mereka terganggu sehingga tubuh kekurangan oksigen sehingga esok harinya mengantuk," kata Harris.

2. Daya ingat menurun
Tidur sangat penting untuk performa otak, terutama di bagian prefrontal cortex, area yang penting untuk perhatian dan memori jangka pendek. Tidur kurang nyenyak bisa menurunkan fungsi otak.

3. Gampang marah
Ya, jika Anda mengalami tidur yang kurang dalam, Anda akan gampang emosi. Penelitian menunjukkan, orang yang kurang tidur memiliki mood lebih buruk. Selain itu, tidur dan depresi juga berkaitan erat.

4. Mudah lapar
Sulit menahan rasa lapar dan terus ngemil makanan tinggi kalori? Mungkin pemicunya karena kualitas tidur Anda buruk. "Kita akan mencari makanan tinggi gula, tinggi lemak untuk sumber energi yang cepat," kata Harris. Tidur yang tidak nyenyak bukan cuma membuat kita kelelahan, tapi juga tidak bisa membuat keputusan dengan baik.

5. Malas melakukan aktivitas fisik
Bila kualitas tidur Anda buruk selama beberapa malam, mood akan berantakan dan juga kurang berenergi keesokan harinya. Ini sebabnya mengapa Anda jadi malas melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

6. Libido rendah
Kurang tidur dan juga tidur kurang nyenyak diketahui akan menurunkan gairah seksual. Selain itu, kurang tidur juga memengaruhi level hormon yang sangat penting untuk kepuasan dan fungsi seksual.

7. Timbangan bertambah
Mungkin porsi makan Anda tak bertambah, tapi tetap saja timbangan bertambah. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang tidurnya kurang dalam memiliki lingkar pinggang lebih lebar. Kemungkinan hal ini terjadi karena pengaruh hormon pertumbuhan dan kortisol yang berperan penting dalam lemak visceral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com