Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Operasi Plastik? Pastikan Memilih Dokter yang Berkompeten

Kompas.com - 03/08/2016, 11:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih dokter untuk operasi plastik.

Pasalnya banyak oknum, termasuk orang asing yang mengaku bisa melakukan operasi plastik, khususnya estetik, padahal bukan dokter bedah plastik.

Dokter spesialis bedah plastik Fonny Josh mengatakan, untuk memastikannya, masyarakat bisa mengecek nama dokter di website Konsil Kodokteran Indonesia (KKI), kki.go.id.

"Semua dokter yang praktik di sini harus punya STR yang tercantum di KKI. Bisa cek dokter, nanti akan keluar nama dan kompetensinya apa," ujar Fonny di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Jika tidak ada namanya di KKI, maka orang tersebut bukan dokter atau dokter yang tidak memiliki izin praktik.

Fonny mengatakan, jangan juga langsung percaya ketika ada oknum yang mengaku bisa operasi plastik dan mempublikasikan hasilnya di media sosial atau berfoto dengan artis. Selain itu, jangan mudah percaya jika operasi bedah plastik dilakukan dengan teknologi canggih.

Diungkapkan Fonny, dalam operasi bedah plastik sangat tergantung dengan keahlian tangan seorang dokter, meski menggunakan teknologi terbaru.

Wakil Ketua PERAPI pusat dokter spesialis bedah plastik Irena Sakura Rini menambahkan, pada operasi plastik yang tidak resmi, sering kali menggunakan suntik silikon cair. Padahal, silikon cair tidak boleh digunakan dalam operasi plastik.

Tak jarang, dokter bedah plastik mendapat pasien yang menjadi korban suntik silikon cair. Masalahnya jika sudah terkena silikon cair, dokter akan lebih sulit untuk memperbaikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com