Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Pasangan Berhenti Berhubungan Seksual

Kompas.com - 22/08/2016, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Mungkin memang menyebalkan ketika bercinta Anda harus berhenti di tengah-tengah sesi, yang kemudian menjadikan Anda dan pasangan tidak puas. Namun, beberapa pasangan memang benar mengalami hal ini. Dan, inilah lima alasan utama pasangan berhenti berhubungan seksual:

1. Anak

Ketika memiliki anak, pasangan wajib membagikan perhatian serta kasih sayangnya kepada anak. Hal ini yang selanjutnya memengaruhi Anda dan pasangan dapat berhenti berhubungan seksual. Dalam sebuah studi bahkan disebutkan pasangan yang memiliki anak di bawah usia lima tahun dilaporkan mengalami ketidakpuasan dalam berhubungan seksual.

2. Stres

Studi dalam Journal of Marriage and Family reports melaporkan bahwa stres dapat memicu respon hormonal, yang dapat memengaruhi libido. Beberapa orang menggonsumsi obat-obatan terkait stres atau masalah emosional untuk mengatasi masalah ini. Namun, penelitian menunjukkan menggunakan obat cenderung memperburuk situasi, termasuk disfungsi seksual atau memudarkan libido.

3. Perbandingan

Tak ada yang suka dibandingkan dengan orang lain, tidak terkecuali dalam berhubungan seksual. Pasangan tidak akan senang ketika dibandingkan dengan yang lainnya. Percaya diri dan terima apa adanya pada pasangan. Biarkan Anda bersama pasangan saling memuji, yang kemudian akan meningkatkan kebahagian yang lebih dan mendapatkan kepuasan seksual.

4. Masa lalu

Masa lalu bahkan sebelum menikah, memiliki peranan pula dalam kehidupan seksual. Seseorang yang menikah muda juga cenderung memiliki kecemasan atau ketakutan untuk berbuat salah, yang kemudian menjadi tekanan untuk memiliki pasangan yang tepat dan mendapatkan kebahagiaan serta kepuasaan.

Memiliki masa lalu yang buruk juga berpengaruh dalam hal ini. Satu-satunya cara adalah menghabiskan waktu yang lebih banyak bersama pasangan agar lebih terampil dalam berkomunikasi. Selanjutnya ini akan membantu kehidupan seksual yang lebih baik.

5. Ketidaksesuaian

Alasan utama pasangan berhenti berhubungan seksual yang terakhir adalah ketidaksesuaian atau perselisihan. Ketika memiliki pendapat atau pandangan yang tidak sesuai, maka akan memunculkan konflik. Hal ini termasuk untuk urusan seksual. Bahkan saat sesi bercinta dan Anda bersama pasangan mengalami perselisihan, misalnya terkait posisi atau lainnya, ini dapat menghentikan sesi bercinta. Kemudian, kepuasaan dan kebahagiaan pun tidak terpenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com