Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2016, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Yoga memang memiliki banyak variasi. Yang terbaru, latihan pernapasan dan membentuk postur ini bisa dilakukan langsung di alam bersama kambing.

Sebuah peternakan di Albania, Oregon, AS, menawarkan kelas yoga yang disebut Goat Yoga. Pada awalnya, Lainey Morse, pemilik peternakan mengundang guru yoga untuk melatihnya di tengah perternaan.

Ketika sedang melakukan yoga, secara tak sengaja 6 ekor kambing masuk ke tengah orang-orang yang sedang melakukan yoga di peternakan itu. Sejak itu, lahirlah jenis yoga kambing ini.

Meski terdengar aneh, tetapi yoga kambing ini banyak diminati. Terbukti, ada 500 orang yang sudah masuk dalam daftar tunggu kelas tersebut.

Morse mengatakan, kehadiran kambing-kambing itu sepertinya meningkatkan level kegembiraan peserta yoga. "Padahal yoga seharusnya membutuhkan meditasi yang kuat," katanya.

Morse yang didiagnosis menderita penyakit kronik dan baru bercerai ini merasakan sendiri rasa gembira karena kambing-kambingnya.

"Sulit untuk tetap bersedih dan depresi saat ada anak kambing berkeliaran di sekitar kita," katanya.

Salah satu faktor negatif dari kelas yoga ini adalah hewan-hewan tersebut tidak bisa diperintahkan untuk menahan fesesnya. Mereka juga dengan seenaknya menggigit matras yoga.

Tertarik mengikuti yoga kambing?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com