Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2016, 21:16 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Mungkin bakteri yang bersarang di handuk tak langsung membuat Anda sakit, namun sangat mungkin membuat Anda jadi gampang tertular penyakit.

Saat handuk bersih sekalipun dipakai untuk mengeringkan tubuh yang basah, maka saat itu pula pertumbuhan bakteri serta jamur bisa dimulai.

"Selalu ada kuman pada tubuh kita, itu sudah pasti," kata Marilyn C. Roberts, seorang profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Washington School of Public Health. "Dan ada pertumbuhan bakteri yang cepat pada handuk yang basah."

Menurut Roberts, masalah terbesar dengan handuk adalah kelembaban yang konsisten. Jika tetap basah, bakteri akan tumbuh.

Bakteri suka kelembaban, tetapi mereka tidak mencintai daerah yang telah kering. Itu sebabnya, langsung menjemur handuk di tempat kering atau di bawah terik matahari dapat menjadi cara menghentikan pertumbuhan bakteri, termasuk jamur.

Sebaliknya, jika Anda tetap menyimpan handuk dalam gantungan kamar mandi, handuk akan terus lembab hingga Anda memakainya kembali.

Bakteri lingkungan seperti mycobacteria nontuberculous, dapat ditemukan di kepala shower yang tak pernah dibersihkan dan dapat menyebabkan infeksi paru-paru.

Termasuk bakter Legionella yang dapat berkembang biak di dalam sistem air dan menyebabkan penyakit pernapasan. Keduanya dapat hidup berlama-lama di handuk yang lembab.

Individu dengan sistem kekebalan yang lemah maupun usia yang sudah tua, juga sangat mungkin terinfeksi bakteri atau virus yang tersebar di kamar mandi dan menetap di handuk.

Biasanya, infeksi yang paling banyak terjadi akibat paparan bakteri dalam handuk lembab ialah radang tenggorokan yang dapat memicu batuk, ruam dan gatal pada kulit, serta kulit kepala gatal.

"Orang-orang yang kerap mengalami kondisi itu, sebaiknya menggunakan handuk kering setiap kali mereka mandi karena dengan mudah terinfeksi bakteri atau virus yang tersebar di kamar mandi," saran Roberts.

Untuk orang dewasa dengan kondisi tersebut atau sedang merasa tidak fit, Roberts menyarankan untuk memiliki dua handuk mandi, satu untuk di pagi hari, yang lainnya untuk malam hari, sehingga handuk bebas dari lembab selama 24 jam. Dan untuk penggunaan sebanyak dua kali sehari, handuk harus dicuci setiap 3-4 hari sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com