Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Suka Olahraga? Lakukan Ini untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 26/10/2016, 21:31 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Makan sehat dan olahraga merupakan kombinasi terbaik untuk penurunan berat badan. Namun, bila olahraga seringkali terlewatkan dalam daftar kegiatan sehari-hari, Anda bisa melakukan ini agar berat badan cepat turun.

Menurut ahli ahli gizi, kunci penurunan berat badan terbaik selain olahraga ialah menentukan jenis makanan apa yang paling banyak mengisi piring atau kotak snack Anda.

Ahli gizi bersertifikat Leslie Langevin, MS, RD, CD, Whole Health Nutrition berbagi satu rahasia sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melihat hasil penurunan berat badan dengan cepat tanpa membatasi Anda harus makan apa.

Caranya, tiap kali Anda ingin menikmati 1 porsi makanan maupun snack, pastikan 50 persennya berisi sayuran. Lakukan ini pada setiap makan.

“Cara termudah untuk makan lebih banyak sayuran adalah memasukkan mereka dalam setiap kali makan maupun snack, bahkan saat sarapan. Dengan menetapkan porsi tadi, Anda akan melihat penurunan berat badan hanya dalam 1 bulan,” tambah Langevin.

Sayuran rendah kalori dan rendah karbohidrat, namun kaya serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan air yang tinggi dan usaha lebih untuk mengunyahnya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga Anda akan makan lebih sedikit ketimbang bila piring makan hanya berisi karbohidrat dan protein.

Jadi, bila selama ini piring Anda lebih didominasi oleh karbohidrat atau protein, saatnya sayuran yang menjadi mayoritas. Resepnya: 50 persen sayuran, 20 persen karbohidrat, dan 30 persen protein. Untuk snack, Anda bisa memilih buah atau salad sayur.

Langevin memaparkan, makan lebih banyak sayuran sedang menjadi tren yang berkembang. Kabar baiknya, sayuran berhasil menjadi “daging” baru, berubah dari makanan pendamping menjadi makanan utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com