Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2016, 12:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki mental yang berkualitas sangat diperlukan oleh seseorang agar dapat berpikir jernih, memiliki jiwa yang sehat, hidup bahagia, atau dapat mencapai tujuan hidupnya.

Seorang Life Coach, Lukas Schwekendiek mengungkapkan, setidaknya ada 8 cara untuk meningkatkan mental yang sehat atau berkualitas.

Cara tersebut adalah kebiasaan sehari-hari yang ia temukan dari para CEO sukses dan ahli pengembangan kepribadian.

1. Ingat tujuan hidup atau impian Anda

Luangkanlah waktu hanya lima menit sebanyak dua kali sehari untuk meneguhkan kembali apa tujuan, impian, atau keinginan Anda dalam kehidupan.

Lukas mengatakan, sebagian besar orang tidak mencapai tujuannya bukan karena tidak berbakat atau terlalu malas, tetapi karena melupakan tujuan itu.

2. Menikmati udara segar

Pergilan berjalan-jalan ke taman atau tempat yang dikelilingi keindahan alam dan udara segar. Hanya 10 menit saja sehari, sudah bisa membantu melepaskan penat dalam pikiran.

3. Hidup sehat

Menjaga kesehatan jiwa tak terlepas dari kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur untuk kesehatan fisik sekaligus mental.

4. Meditasi

Lakukanlah meditasi untuk menenangkan diri. Meditasi bisa dilakukan 30 menit sehari atau total dua jam meditasi selama seminggu.

5. Tersenyum

Ada pendapat mengatakan, senyuman dapat mengubah dunia. Tak hanya membuat hidup Anda lebih bahagia, tetapi juga orang-orang di sekitar Anda yang mendapatkan senyuman itu. Berikanlah senyuman yang tulus kepada orang-orang di sekitar Anda.

6. Mengucapkan salam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com