Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2017, 10:55 WIB

KOMPAS.com — Bumbu pedas memang dapat mengubah makanan yang rasanya datar menjadi lebih menggugah selera. Selain itu, ada juga efek jangka panjangnya, yakni bikin umur lebih panjang.

Penelitian mencatat, bumbu yang terasa pedas di lidah mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Ini sebabnya mengapa sebagian ahli gizi merekomendasikan bumbu-bumbu pedas masuk dalam bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Ketahui apa saja bumbu pedas yang memiliki manfaat memperpanjang usia menurut penelitian.

1. Cabai

Kandungan capcaisin di dalamnya diketahui membantu menghambat kemampuan tubuh merasakan sakit. Selain itu, cabai juga menghambat penyebaran kanker payudara dan menurunkan risiko kematian sampai 13 persen.

2. Jahe

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan, capcaisin yang dikombinasikan dengan zat utama dalam jahe, yakni 6-gingerol, dapat menurunkan risiko terkena kanker.

3. Wasabi

Walau pedasnya menyengat, pasta wasabi mengandung zat antimikroba yang dapat mengusir bakteri dari tubuh. Kandungan lainnya bekerja sebagai anti-peradangan dan menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

4. Lobak pedas

Mengonsumsi sejenis lobak pedas (horseradish) diketahui menyehatkan karena di dalamnya terkandung zat antikanker. Menurut penelitian dari Universitas Illinois, mengonsumsi satu sendok teh saus horseredish sudah cukup bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com