Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Diet untuk Pasien Diabetes

KOMPAS.com - Gula darah sering tidak stabil? Mungkin ini saatnya Anda menerapkan pola makan khusus diabetes atau diet diabetes.

Menurut ahli diet Asterino McGeean, cara terbaik menerapkan diet diabetes adalah dengan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup.

“Rencana diet ini membantu penderita diabetes menjalani gaya hidup sehat agar gula darah terkontrol dan risiko komplikasi bisa diminimalisir," ucapnya.

McGeen juga berkata, diet terbaik untuk penderita diabetes harus fokus pada rencana makan bergizi seimbang, baik dari segi kandungan nutrisi maupun porsinya.

Rencana makan seperti ini juga cocok bagi Anda yang berada dalam kondisi berikut:

Jenis makanan terbaik untuk diabetes

Mereka yang mengalami diabetes disarankan untuk mengonsumsi protein tanpa lemak seperti yang terdapat pada ayam, telur, ikan, dan susu rendah lemak.

Jenis makanan tersebut membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Penderita diabetes juga disarankan untuk mendapatkan asupan serat dari sayuran non-tepung seperti brokoli, mentimun, kacang hijau, paprika, dan salad hijau.

Jenis makanan tersebut juga bisa mendatangkan rasa kenyang, namun kandungan kalori dan karbohidratnya sangat minimal sehingga tidak mengganggu tingkat gula darah.

Penderita diabetes juga membutuhkan asupan lemak sehat karena membantu menjaga kesehatan jantung.

Asupan lemak sehat bisa didapatkan dari makanan seperti alpukat, kacang, minyak zaitun, dan biji-bijian.

Untuk memksimalkan hasil diet, Anda juga perlu melakukan hal berikut:

Makanan yang harus dihindari

Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke karena bisa mempercepat perkembangan arteri yang tersumbat dan mengeras. Karena itu, penderita diabetes disarankan untuk menghindari jenis makanan berikut:

1. Lemak jenuh

Hindari produk susu tinggi lemak dan protein hewani seperti mentega, daging sapi, hot dog, sosis, dan bacon. Batasi juga minyak kelapa dan minyak inti sawit.

2. Lemak trans

Hindari lemak trans yang ditemukan dalam makanan ringan olahan, makanan yang dipanggang, mentega dan margarin tempel.

3. Kolesterol

Anda juga harus menghindari makanan kaya kolesterol seperti produk susu tinggi lemak dan protein hewani tinggi lemak, kuning telur, hati, dan jeroan lainnya.

Usahakan untuk mengonsumsinya tidak lebih dari 200 miligram (mg) kolesterol sehari.

4. Sodium

Konsumsi sodium disarankan agar tidak lebih dari 2.300 mg natrium sehari. Biasanya, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk menguranginya jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

https://health.kompas.com/read/2021/07/08/081723168/panduan-diet-untuk-pasien-diabetes

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke