Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Minuman Herbal Obat Sakit Tenggorokan Alami

Seperti diketahui, penyebab sakit tenggorokan biasanya berasal dari infeksi bakteri atau virus seperti flu sampai Covid-19.

Infeksi kuman atau alergen bisa menyebabkan jaringan di tenggorokan meradang, bengkak, dan nyeri.

Minuman hangat atau teh herbal umumnya bisa membantu menenangkan tenggorokan yang sedang meradang. Berikut beberapa di antaranya.

Minuman herbal untuk obat sakit tenggorokan alami

Dilansir dari Women’s Health, ada beberapa rekomendasi minuman herbal untuk obat sakit tenggorokan alami, yakni:

  • Teh hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau memiliki efek anti-peradangan, sehingga pembengkakan di jaringan tenggorokan bisa berkurang.

Anda bisa minum seduhan teh hijau saat merasa tenggorokan sakit dan gatal. Agar lebih berkhasiat, coba tambahkan perasan lemon dan madu.

  • Teh hitam

Teh hitam mengandung senyawa tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan sakit tenggorokan.

Anda tak hanya bisa memetik manfaat teh hijau dengan minum seduhannya, tapi Anda juga bisa menggunakan seduhan teh hijau untuk berkumur agar radang tenggorokan berkurang.

  • Teh peppermint

Senyawa mentol yang terdapat dalam peppermint memiliki sifat anti-peradangan. Namun, hindari mengonsumsi teh mint ini secara berlebihan karena bisa menyebabkan tenggorokan kering dan makin nyeri.

Konsumsi seduhan teh peppermint sekali sehari sebagai variasi minuman pelega sakit tenggorokan lainnya.

  • Teh chamomile

Seduhan chamomile yang biasanya membantu pikiran lebih rileks dan mengatasi susah tidur di malam hari ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal sakit tenggorokan alami.

Kandungan antioksidan khususnya flavonoid dan terpenoid dapat membantu tubuh melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

  • Wedang jahe

Wedang jahe bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan alami karena memiliki senyawa anti-peradangan.

Untuk mengurangi rasa pedas dan menambah khasiat wedang jahe, Anda bisa menambahkan madu dan kayu manis ke dalam seduhan wedang jahe.

  • Lemon hangat

Perasan lemon yang ditambahkan dalam secangkir air hangat juga bagus untuk mengatasi sakit tenggorokan, pilek, dan batuk.

Lemon banyak mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Semakin kuat sistem imun, semakin cepat tubuh pulih dari infeksi penyebab sakit tenggorokan.

  • Wedang kunyit

Selain wedang jahe, wedang kunyit juga baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan kambuh.

Kunyit memiliki kandungan senyawa antivirus, antibakteri, dan antiperadangan alami yang dapat membantu menenangkan tenggorokan yang sedang meradang.

Jika Anda tidak suka dengan rasanya, tambahkan madu dan sedikit jahe untuk menambah cita rasa.

Perlu diingat, minuman herbal untuk obat sakit tenggorokan alami di atas bukanlah pengganti obat dokter.

Apabila Anda merasakan sakit tenggorokan tak kunjung membaik setelah mengonsumsi minuman pereda sakit tenggorokan di atas, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

https://health.kompas.com/read/2022/03/26/180100068/7-minuman-herbal-obat-sakit-tenggorokan-alami

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke