Salin Artikel

Stroke Ringan, Apa Bisa Sembuh Total?

Perlu diketahui, gejala stroke ringan yang dirasakan pengidapnya biasanya berupa sakit kepala berdenyut tiba-tiba dan parah, lengan dan kaki terasa lemas, dan badan tiba-tiba roboh ke lantai.

Kondisi yang sekilas tak berbeda dari gejala stroke biasa ini terlihat mengkhawatirkan. Pasalnya, banyak di antara penderita stroke yang mengalami cacat permanen setelah sembuh dari serangan penyakit ini.

Untuk menjawab pertanyaan sekaligus kekhawatiran di atas, simak penjelasan berikut ini.

Stroke ringan, apa bisa sembuh total?

Stroke ringan umumnya bisa sembuh total, asalkan penderita segera diberikan bantuan medis yang tepat, dievaluasi dokter, dan penderita konsisten menjalani gaya hidup.

Dilansir dari MedicineNet, penyebab stroke ringan biasanya karena ada penyumbatan atau kebocoran pembuluh darah arteri di otak.

Pada stroke ringan, gangguan pada pembuluh darah di otak bisa segera pulih, sehingga kerusakan sel-sel otak relatif sedikit jika dibandingkan dengan serangan stroke biasa.

Lain halnya dengan stroke biasa, penyumbatan dan kebocoran pembuluh darah cenderung parah.

Imbasnya, sel-sel otak rusak cukup parah dan kerusakannya bisa permanen. Dengan kondisi tersebut, stroke biasa jamak susah sembuh total meskipun penderita selamat dari serangan yang mengancam nyawa ini.

Stroke ringan bisa sembuh total, tapi kenapa pantang disepelekan?

Meskipun stroke ringan bisa sembuh total dalam waktu relatif singkat, tapi setiap penderita perlu segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, setiap penderita baik stroke ringan maupun stroke biasa bakal diberikan penanganan medis dari dokter untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

Cara mengatasi stroke baisanya dengan segera memberikan obat penghancur pembekuan darah, jika penyebab stroke berasal dari pembekuan darah.

Obat ini paling efektif diberikan dalam rentang waktu maksimal tiga jam sejak gejala stroke ringan atau stroke biasa muncul.

Setelah jeda waktu tersebut, obat kurang efektif dan proses pemulihan penyakit ini jadi lebih susah karena kerusakan otak sudah cukup parah.

Stroke ringan bisa sembuh total tapi tidak boleh diabaikan karena penyakit ini meningkatkan risiko penderita terkena serangan stroke berat.

Sekitar sepertiga penderita stroke ringan mengalami serangan stroke berat dalam waktu setahun.

Cara mencegah stroke berat

Setelah berobat ke rumah sakit dan dievaluasi dari dokter, penderita stroke ringan perlu melakukan beberapa langkah-langkah pencegahan serangan stroke di kemudian hari, di antaranya:

  • Minum obat pengontrol tekanan darah jika penderita punya riwayat hipertensi
  • Mengontrol kadar gula darah jika penderita punya riwayat diabetes
  • Minum obat untuk menurunkan kolesterol tinggi
  • Minum obat untuk mencegah pembekuan darah
  • Jika ada penyumbatan pembuluh darah di arteri besar bagian leher, jalani prosedur pemasangan stent

Perlu diingat lagi, meskipun stroke ringan bisa sembuh total, tapi setiap penderita tetap perlu menjalankan langkah-langkah pencegahan di atas.

https://health.kompas.com/read/2022/04/14/030100868/stroke-ringan-apa-bisa-sembuh-total-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.