Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Fungsi Magnesium untuk Tubuh, Penting untuk Tulang sampai Jantung

Dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, zat gizi ini membantu sedikitnya 300 jenis enzim yang mengendalikan reaksi kimia di dalam tubuh.

Lebih dari setengah mineral ini disimpan di dalam tulang. Sedangkan sisanya tersebar di berbagai jaringan tubuh.

Berikut beberapa fungsi magnesium untuk tubuh berikut makanan sumber alaminya.

Fungsi mineral

Manfaat mineral penting untuk menunjang kinerja jantung, tulang, otot, sampai saraf. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menjaga kesehatan tulang

Dilansir dari Healthline, magnesium sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Maka, tak heran jika mineral ini paling banyak ditemukan di tulang.

  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Mineral ini juga penting untuk menjaga jantung dan pembuluh darah agar tetap sehat serta kuat. Magnesium bisa mengendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah agar tetap stabil. Dengan begitu, kesehatan jantung dan pembuluh darah lebih terjaga.

  • Membantu mengatasi depresi

Fungsi magnesium juga penting untuk menjaga kesehatan mental; termasuk untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi risiko depresi, dan menurunkan tingkat keparahan depresi.

  • Mengontrol kadar gula darah

Studi menunjukkan, penderita diabetes tipe 2 kekurangan magnesium dan orang yang cukup mengonsumsi asupan mengandung magnesium memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Mineral ini disebut potensial untuk meningkatkan sensitivitas insulin yang mengatur gula darah agar stabil.

  • Mencegah peradangan kronis

Kekurangan magnesium bisa meningkatkan risiko peradangan biang penyakit kronis. Kekurangan mineral ini dapat meningkatkan stres oksidatif penyebab peradangan kronis.

  • Membantu mengatasi migrain

Manfaat magnesium juga potensial untuk mencegah dan membantu mengobati sakit kepala migrain. Seperti diketahui, sakit kepala ini ditandai dengan nyeri di salah satu bagian kepala, mual, sensitif dengan cahaya dan suara bising.

  • Meringankan gejala PMS

PMS atau pre-menstrual syndrome terkadang bisa menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman yang mengganggu aktivitas sehari-hari wanita. Magnesium bisa membantu meringankan gejala PMS seperti sakit perut, gampang emosi, badan lelah, dan perut kembung.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Magensium juga dapat digunakan sebagai obat tidur alami. Mineral ini bisa membantu mengatasi susah tidur dengan cara meningkatkan kinerja saraf yang mengatur tidur.

Makanan mengandung magnesium tinggi

Meningat ada banyak manfaat magnesium untuk tubuh, pastikan Anda mencukupi kebutuhan mineral ini setiap hari.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan mengandung magnesium tinggi. Menurut Kementerian Kesehatan, kebanyakan orang dewasa sehat membutuhkan 320 miligram sampai 360 miligram magnesium per hari.

Anda bisa mencukupi kebutuhan zat gizi ini dengan makan kacang, bayam, kentang, nasi merah, oatmeal, ikan laut, daging sapi, ayam, pisang, atau cokelat hitam.

Setelah menyimak beberapa fungsi magnesium untuk tubuh di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan mengandung magnesium tinggi setiap hari.

https://health.kompas.com/read/2022/09/05/073100668/8-fungsi-magnesium-untuk-tubuh-penting-untuk-tulang-sampai-jantung

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke