Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede "Manusia Akar" Dipasangi Tissue Expander

Kompas.com - 28/02/2008, 10:59 WIB

Laporan wartawan Kompas Muhammad Hilmi Faiq

BANDUNG, KAMIS - Pasien penderita kutil, Dede (38) menjalani operasi tahap empat, Kamis (28/2). Kali ini kutil atau tanduk di kedua kaki Dede yang diangkat serta penanaman tissue expander di punggung dan kedua paha. Tissue expander dipasang untuk menumbuhkan kulit baru yang dapat dijadikan donor.

Dede keluar dari Ruang Bedah Bawah Rumah Sakit Hasan Sadikin sekitar pukul 05.45 menuju ruang Central Operating Theatre (COT). Pukul 08.00 Dede menjalani pembiusan dan pada pukul 08.30 tim dokter baru mengoperasinya.

Seperti biasa, jalannya operasi dapat dilihat dari ruang rapat lantai I karena disiarkan lewat closed circuit television (CCTV). Tampak ayah Dede, Ateng dan beberapa anggota keluarga turut menyaksikan operasi lewat CCTV. Dalam operasi tahap empat ini, tim dokter menggunakan alat Dhermatom, alat khusus pemotong kutil. "Operasi diperkirakan rampung pukul 11.30," kata staf Humas RSHS, Adin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com