Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8.000 Kelambu untuk Ibu Hamil

Kompas.com - 14/11/2008, 12:37 WIB

BIAK, JUMAT - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Papua, mulai tahun 2008 menyalurkan sebanyak 8.000 kelambu untuk ibu hamil, sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit malaria di daerah itu.
     
Kasubdin Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Biak, Andi Ridway Halim, di Biak, Jumat, mengatakan, pembagian satu kelambu kepada ibu hamil di Kabupaten Biak Numfor merupakan program kerja sama pihak Dinkes dan Unicef.
    
"Ribuan kelambu yang disiapkan Dinkes untuk ibu hamil itu akan disalurkan melalui bidan-bidan di kampung-kampung," katanya.
    
Ia menyebutkan, Dinkes pada 2008 juga melakukan pemeriksaan cepat penyakit malaria kepada setiap ibu hamil di semua kampung di Kabupaten Biak Numfor. Dengan pemeriksaan cepat itu, jika seorang ibu dideteksi mengidap penyakit malaria maka langsung diberikan kelambu melalui bidan desa setempat.
    
Program pemberian kelambu kepada masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, menurut Ridway, hal itu telah dilakukan pihak Dinkes sejak tahun 2005. Jumlah kelambu yang dibagikan kepada penduduk sampai sekarang mencapai 23 ribu buah.
    
"Sebanyak 23 ribu kelambu telah disalurkan Dinkes Biak kepada 15 ribu kepala keluarga yang tersebar di 19 distrik dan 120 kampung," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com