Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascatragedi, Situ Gintung Mengering

Kompas.com - 28/03/2009, 11:03 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Musim kemarau yang terjadi selama sekitar enam bulan setiap tahun tidak pernah membuat situ atau danau Gintung mengalami kekeringan seperti yang terjadi pascatragedi jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang, Banten, Jumat (27/3) dini hari.
   
"Situ Gintung tidak pernah mengalami kekeringan seperti ini," kata Sumarno (33), warga sekitar Situ Gintung di Tangerang, Sabtu. Ia mengatakan, air danau memang pernah menyurut pada musim kemarau pertengahan 1996, tetapi tingkat menyurutnya hanya beberapa meter.
   
Sulio (50) yang telah tinggal di sekitar Situ Gintung selama 30 tahun juga mengaku tidak pernah menyaksikan keringnya air danau seperti sekarang ini.
   
Sementara itu, Surono (65) memaparkan, keringnya danau dicemaskan berpengaruh terhadap keadaan air tanah yang dipakai masyarakat yang tinggal di sekitar Situ Gintung, apalagi, ujar lelaki yang juga dosen sebuah universitas negeri itu, musim kemarau diperkirakan akan segera tiba.
   
Situ Gintung terletak di Kelurahan Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Luas Situ Gintung saat ini adalah 21,4 ha dengan kapasitas air 2,1 juta meter kubik.
   
Situ yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1933 ini pada awalnya dimaksudkan untuk menampung air guna mengaliri sawah yang terdapat di sekitar danau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com