Hati-hati Caleg Stres karena Bilangan Pembagi Pemilih

Kompas.com - 06/04/2009, 15:14 WIB
Editor

SURABAYA, KOMPAS.com — Para calon anggota legislatif diminta untuk menyiapkan mental lantaran perolehan suara terbanyak tidak serta merta memastikan seorang caleg menjadi anggota DPR atau DPRD Provinsi Jatim.

Diperolehnya jabatan anggota legislatif hanya dipastikan oleh bilangan pembagi pemilih (BPP) yang memperhitungkan pula faktor lain selain perolehan suara terbanyak.

Demikian dikatakan anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jatim, Najib Hamid, di Surabaya, Senin (6/4). "Total di Jatim ada 1.655 caleg yang memperebutkan 100 kursi di tingkat DPRD Jatim. Artinya, sebanyak 1.500 caleg harus mempersiapkan mental," kata Najib.

Najib menjelaskan, perolehan suara terbanyak seorang caleg tidak menjadi jaminan lolosnya orang tersebut menjadi caleg. Sebab, harus diperhitungkan pula total perolehan suara partai dan besarnya suara sisa dalam BPP.

"Bila caleg A di partainya sudah mendapat suara banyak, harus dilihat juga perolehan suara partai dan sisa suara yang ada," kata Najib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.