Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sun Han dan Ling-Ling Pilih Partai

Kompas.com - 09/04/2009, 09:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyaknya partai dan calon anggota legislatif cukup membuat warga Glodok kebingungan. Terlebih, tidak semua caleg melakukan sosialisasi kepada warga di daerah tersebut, yang mayoritas masyarakat Tionghoa keturunan.

Sun Han (65), misalnya, tampak kebingungan sesampainya di tempat pemungutan suara (TPS) 02, Kelurahan Glodok. Pasalnya, tidak satu pun foto-foto caleg yang dipampang di dinding sekitar lokasi TPS familiar baginya. "Bingung, ya, banyak sekali. Wo (saya) sih pilih partai aja dah. Sama aja, kan?" ujar pria yang sehari-hari berprofesi sebagai sinse di Glodok tersebut.

Baginya, poster-poster yang dipasang tumpang tindih di jalan-jalan, tidak ada satu pun yang nyantol di benaknya. Sebaliknya, Sun Han hanya mengingat beberapa calon presiden yang iklannya kerap diputar di televisi.

Aling (35) atau Ling-Ling, nama panggilannya, juga mengatakan hal senada. "Jangankan orang (caleg), partai aja tidak semuanya saya tahu," imbuhnya.

Indra Sonny (49) lain lagi. Dia mengaku memilih caleg yang tidak dikenalnya ibarat membeli kucing dalam karung. Baginya, lebih mudah memilih partai karena jejak rekamnya kerap disebut-sebut di media massa. Terlebih, perihal anggota dewan yang melakukan korupsi sering didengarnya di media.

"Kalau pilih orang, memang kadang antara mulut dan tindakannya beda seperti bumi dan langit," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com