Posisi Tidur Tak Boleh Mengarah ke Jalan Raya?

Kompas.com - 29/05/2009, 16:08 WIB
Editor

KOMPAS.com — Penataan kamar tidur yang kurang baik dapat menciptakan masalah tidur bagi mereka yang menempati kamar. Mereka akan merasa gelisah dan sulit mendapatkan tidur yang nyenyak. Posisi tidur menghadap jalan raya pun kerap dikaitkan dengan beragam masalah. Nah... berikut adalah petikan Rubrik Konsultasi Fengshui asuhan Mas Dian MRE di Tabloid Rumah membahas posisi tidur mengharap jalan raya:

Kata teman saya, kita tidak boleh meletakkan tempat tidur berlawanan arah (tidak sejajar) dengan jalan. Benarkah pendapat ini?

DALAM keseharian, Anda mungkin sering mendengar pantangan dalam hal arah tempat tidur. Menurut isu yang berkembang, posisi tidur seseorang sangat tidak dianjurkan bila mengarah ke jalan raya atau menjejak ke arah pintu rumah.

Lebih jelasnya dikatakan bahwa posisi kaki tidak baik apabila mengarah ke jalan raya dan posisi kepala membujur ke belakang. Posisi seperti ini dikatakan menyerupai posisi jenazah orang mati yang biasanya diletakkan di ruang tamu dengan arah demikian.

Cerita ini sudah sangat merakyat sekalipun tidak memiliki alasan yang jelas. Sebagai orang awam, sudah pasti penjabaran ini akan menimbulkan rasa takut, was-was, dan tidak nyaman. Apalagi pemberitaan tersebut dikaitkan dengan kematian.

Mirip isu posisi kompor
Hal ini serupa dengan isu tentang peletakan kompor. Ada yang meyakini bahwa letak kompor akan dinyatakan benar apabila posisi menyerok ketika memasak mengarah ke dalam, dan akan dinyatakan salah kalau posisi menyeroknya mengarah ke luar/ke jalan. Arah menyerok ke dalam diartikan sebagai hawa rezeki yang masuk ke dalam rumah, sedangkan menyerok ke arah luar disamakan dengan membuang rezeki keluar.

Kedua contoh di atas ini sebenarnya adalah suatu rangkaian penuturan yang (mungkin) dulunya dijadikan sebagai ungkapan dari sebuah penjelasan yang sebenarnya tidak ada dalam rumusan Feng Shui. Tetapi anggapan ini menjadi sangat ditakuti oleh masyarakat yang sudah termakan dogma-dogma yang menurutnya sudah teruji kebenarannya.

Tidak ada aturan
Di dalam Feng Shui sendiri memang tidak ada pembahasan tentang aturan ini. Masalah letak kompor dan posisi tidur dijabarkan melalui rumusan yang didasarkan pada perhitungan arah mata angin terhadap obyek yang ditelitinya.

Saya tidak ingin membenarkan atau melarang sesuatu yang sudah menjadi keyakinan seseorang, tetapi saya ingin mengajak pembaca untuk lebih cerdik dalam menyikapi isu yang belum tentu benar tetapi sudah terpatri seolah-olah sebuah aturan yang mesti ditaati.

Menurut kasus yang ditemui di lapangan, tidak sedikit orang yang sampai hari ini tetap selamat/hidup walaupun menempatkan tempat tidur mengarah ke jalan raya. Sebaliknya, banyak juga mereka yang mengalami sakit berat akhimya wafat sekalipun posisi tempat tidumya diarahkan ke samping.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.