Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suplemen yang Wajib Diwaspadai

Kompas.com - 22/06/2009, 15:52 WIB

KOMPAS.com — Pemakaian suplemen di bawah ini sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter. Sebab, sebenarnya kita sudah mendapat asupan yang cukup dari makanan sehari-hari.

Asam folat
Senyawa ini dipercaya dapat membantu pembentukan otak janin dan mencegah cacat pada janin. Namun, studi yang dilakukan para peneliti di Amerika Serikat pada tahun 2007 menyebutkan bahwa asupan suplemen folat lebih dari 1 mg per hari (dua kali lebih banyak dari dosis yang dianjurkan) dapat meningkatkan risiko kanker usus.

Jika kita sudah punya anak dan tak ingin menambah lagi, dianjurkan mengasup 400 mikrogram asam folat. Kita bisa mendapatnya dari sumber alami, seperti biji-bijian dan gandum.

Vitamin E
Penelitian yang dilakukan pada 2008 di AS menyebutkan bahwa vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, terutama pada wanita perokok. Selain itu, beberapa jenis obat juga tidak boleh dikonsumsi bersama-sama dengan vitamin ini. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter.

Beta karoten
Beberapa penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen karotena B dapat meningkatkan risiko kanker dan gangguan hati.

Penulis: Lily Turangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com