Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lidah Kita, Kesehatan Kita

Kompas.com - 13/07/2009, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Apa yang terlihat saat kita membuka mulut lebar-lebar bisa memperlihatkan tanda-tanda penyakit yang kita derita, tetapi terkadang kurang disadari keberadaannya.

Hanya dengan membuka mulut dan menjulurkan lidah, dokter sudah bisa mendapat dugaan awal seputar penyakit kita, demikian menurut Dr.Jordan S.Josephson dari Lenox Hill Hospital, New York City, dan penulis Sinus Relief Now.

Itu sebabnya, ahli pengobatan Cina sering meminta pasiennya untuk menjulurkan lidah saat diperiksa. Berikut beberapa gejala yang perlu kita cermati:

Lapisan putih
Lidah yang diselimuti lapisan putih dan lengket menandakan adanya bakteri yang sedang berkembangbiak atau jamur. Begitu infeksi bakteri ini telah terobati, lidah pun akan kembali ke warna asalnya: pink sehat.

Berwarna gelap
Lidah yang berwarna kecokelatan ataupun hitam berkaitan dengan makanan, minuman, konsumsi antibiotik, permen pelega tenggorokan, atau apa pun yang sering Anda konsumsi, kata Sol Silverman, Jr.DDS, juru bicara dari American Dental Association.

Sariawan
Banyak hal yang bisa menyebabkan sariawan, mulai dari kekurangan vitamin C, kebiasaan menggigit lidah, tapi biasanya akan hilang dalam 10 hari. Tapi, jika tak sembuh, segera ke dokter karena ini adalah gejala awal kanker mulut.

Terlihat berambut
Ini disebabkan oleh infeksi bakter, konsumsi antibiotik, atau mulut yang terlalu kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com