Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lemak Tinggi dan Rendah Serat Bikin Anak Cepat Puber

Kompas.com - 23/09/2009, 17:24 WIB

KOMPAS.com - Anak lelaki di AS saat ini lebih cepat mencapai masa puber di banding generasi sebelumnya. Diduga, penyebabnya adalah pola makan berlemak tinggi dan rendah serat, kurang berolahraga serta pengaruh lingkungan yang penuh zat kimia yang mempengaruhi fungsi-fungsi hormon. Kesimpulan ini dilaporkan oleh Dr. Marcia E. Herman-Giddens dari  University of North Carolina dan teman-teman lewat Archives of Pediatrics and Adolescent

Dalam risetnya Herman-Giddens dan teman-teman memperhatikan data lebih dari 2.100 anak laki-laki usia  9 hingga 19 tahun yang dikumpulkan pada 1988 dan 1994. Dari situ diketahui, bagian di sekitar kemaluan anak lelaki itu lebih cepat berbulu dibanding generasi di atasnya. Rata-rata, bulu di sekitar kemaluan itu sudah mulai tumbuh pada usia antara 9 sampai 12 tahun.  Herman-Giddens mengatakan, pertumbuhan itu terjadi enam bulan lebih cepat  di banding penelitian serupa yang pernah ia lakukan sebelumnya.

Pengaruh pertumbuhan yang lebih cepat itu terhadap kesehatan memang belum diketahui secara rinci. Tapi merujuk hasil penelitiannya terdahulu Herman-Giddens  bilang, “Semakin cepat seorang anak mencapai masa puber, semakin cepat pula mereka akan berurusan dengan penyakit yang berkaitan dengan testis seperti  para gadis yang harus berurusan dengan kanker payudara,“ katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com