Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tidur Lelap? Redupkan Lampunya

Kompas.com - 02/10/2009, 13:08 WIB

Dr. Andreas Prasadja, ahli tidur dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta, memberi trik supaya bisa tidur nyenyak dan berkualitas.

1. Siap untuk tidur. Persiapan ini bukan sebatas mengantuk saja, tapi mengantuk dan rileks. Jadi, 15 menit sebelum tidur, lakukan aktivitas yang santai dan menyenangkan.

2. Redupkan lampu.
Lampu harus diredupkan, mengingat jam biologis sangat peka terhadap cahaya. Begitu hendak tidur, lampu kamar harus dimatikan. Melatonin diproduksi secara alami oleh tubuh saat suasana gelap. Kenapa harus gelap? Karena melatonin adalah sistem pengatur yang berada di tengah otak, di atas saraf mata.

3. Jangan menonton televisi.
Cahaya terang dari televisi akan mengganggu persiapan tidur Anda. Belum lagi kalau acara yang ditonton malah membuat Anda stres atau meluapkan emosi. Tidur tak bakal bisa tenang, malah bisa timbul rasa gelisah.

4. Meditasi atau beryoga.
Bagi yang terbiasa, melakukan meditasi sebelum tidur juga sangat membantu.

5. Minum teh camomile. Jika terbiasa menyeruput teh sebelum tidur, pilih camomile saja. Hindari teh earl grey atau english breakfast. Hindari pula kopi karena bersifat stimulan yang malah akan membuat Anda melek sepanjang malam.

6. Nyalakan terapi aroma.
Harum lavender dapat membantu Anda menjadi lebih rileks dan siap terlelap.

7. Pakai krim malam. Mengoleskan krim malam atau menyemprotkan sedikit parfum sebelum tidur bisa menenangkan sekaligus menyenangkan. (GHS/dee)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com