Periksa Kaki, Selamatkan Diabetesi dari Amputasi

Kompas.com - 12/10/2009, 19:26 WIB
EditorAbd

KOMPAS.com — Diabetes yang tidak terkontrol lama-lama bisa menyebabkan kaki penderita bermasalah. Mulai dari aliran darah yang tidak mencapai ke ujung-ujung kaki hingga kurangnya nutrisi.

Akibatnya, luka makin sulit sembuh dan kerusakan saraf permanen hingga tidak bisa lagi merasakan nyeri, panas maupun dingin pun bakal muncul. Diabetesi (penderita diabetes) pun akan makin rentan mengalami luka atau infeksi tanpa disadari karena sudah tak bisa merasakannya.

Jika diabetesi tidak menyadari dan luka terus berkembang maka infeksi berkepanjangan sampai harus amputasi bakal dialami. Risiko ini 10 kali lipat lebih sering dialami diabetesi dibanding bukan diabetesi.

Gangguan saraf tepi yang sering disebut neuropati diabetik perifer ini juga bisa menyebabkan nyeri hebat meski penyebabnya hanya sentuhan ringan. Untuk itu, periksalah kaki Anda setiap hari dengan saksama.

dr. Intan Airlina Febiliawanti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.