Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Kaca Mata dengan Pelindung UV?

Kompas.com - 04/11/2009, 09:50 WIB

KOMPAS.com - Kaca mata hitam (sun glass) pada umumnya dilengkapi dengan pelindung sinar ultraviolet (UV). Sebenarnya, seberapa penting pelindung sinar UV ini bagi mata?

Radiasi sinar UV yang berasal dari sinar matahari tidak hanya merusak kulit si sekitar mata tapi juga bagian mata, seperti kornea dan konjungtiva atau daerah putih di mata. Beberapa jenis penyakit katarak juga diketahui terkait dengan paparan sinar UV.

"Sebelum membeli kacamata (sun glasses), perhatikan pelindung sinar UV yang terdapat dalam label produk. Pilih yang mampu menahan sinar UV B minimal 99 persen dan 95 persen menahan UV A. Jangan pilih sun glasses yang tidak memiliki fitur proteksi dari sinar UV," saran Dennis Robertson, MD, ahli mata dari Mayoclinic.

Selain melindungi mata dari sinar UV, perhatikan juga jenis lensa yang dipakai. Untuk Anda yang sering beraktivitas dalam cahaya redup, mungkin Anda bisa memilih jenis lensa yang berfungsi untuk melihat objek jauh terlihat lebih jelas atau lensa blue-blocking. Sementara itu untuk mengurangi silau, Anda bisa memilih lensa polarisasi. Sesuaikan jenis lensa dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com