Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Sehat yang Menjauhkan Penyakit

Kompas.com - 23/12/2009, 10:12 WIB

KOMPAS.com - Jangan merokok, banyak berolahraga, hindari makanan tinggi lemak, dan jaga berat badan ideal. Mungkin Anda sudah hapal dengan nasehat sehat ini. Tapi tahukah Anda bahwa nasihat ini jika dipraktikkan sehari-hari dapat mengurangi risiko penyakit kronis hingga 80 persen?

Laporan terbaru yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine menyebutkan, mereka yang mempraktikkan kebiasaan sehat lebih jarang terkena penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Riset yang dimulai tahun 1990-an ini melibatkan 23.513 orang Jerman berusia 35-65 tahun. Peneliti menganalisa kesehatan, gaya hidup, dan pola makan para responden. Berat badan, latar belakang penyakit yang dimiliki, frekuensi makan, dan bagaimana mereka mempraktikkan kebiasaan sehat juga dianalisa selama periode studi yang berlangsung selama 8 tahun.

Kebiasaan sehat yang dianalisa adalah apakah mereka punya kebiasaan merokok, berolahraga minimal 3,5 jam seminggu, memiliki indeks massa tubuh ideal, serta memiliki pola makan yang kaya serat dan rendah lemak.

Mayoritas responden mengaku mereka mempraktikkan minimal satu kebiasaan sehat dan 9 persen responden mengatakan mereka menjalani keempat kebiasaan sehat itu.

Setelah mempertimbangkan faktor lain yang mungkin berkontribusi pada munculnya penyakit, para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang mempraktikkan keempat kebiasaan sehat ini memiliki risiko terkena penyakit kronisnya berkurang 78 persen.

Secara spesifik, mereka yang menjalankan seluruh kebiasaan sehat memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah 92 persen, serangan jantung 81 persen, stroke 50 persen, dan terkena kanker 36 persen. Dengan kata lain, meski nasihat untuk menjalankan gaya hidup sehat terdengan klise, namun manfaatnya memang nyata. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com