Warna Kulit yang Berisiko Kanker

Kompas.com - 21/01/2010, 17:10 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com - Warna kulit dapat memengaruhi risiko seseorang terkena kanker kulit dan photoaging (penuaan akibat sinar matahari). Kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet antara lain keriput, pigmentasi, dan kulit yang menjadi kasar.

Berikut ini klasifikasi kulit menurut The Fitzpatrick Classification of Skin Type, yang terdiri dari enam kategori:

1. Selalu terbakar, tidak pernah menjadi lebih gelap, cokelat (kulit yang pucat, putih).

2. Mudah terbakar, menjadi cokelat secara menimal (kulit putih).

3. Cukup terbakar, menjadi cokelat secara merata (kulit cokelat muda).

4. Terbakar secara minimal, selalu menjadi cokelat dengan baik (kulit cokelat).

5. Jarang terbakar, menjadi cokelat dengan jelas (kulit cokelat tua).

6. Tidak pernah terbakar (kulit yang banyak mengandung pigmen cokelat tua sampai hitam).

Orang-orang dengan kulit tipe 1 umumnya memiliki kulit pucat, putih, rambut merah atau pirang, bermata hijau atau biru dan keturunan Celtik (Irlandia, Skotlandia, Welsh, atau Breton). Orang dengan tipe kulit seperti ini berisiko paling tinggi mengalami berbagai masalah kulit akibat paparan sinar matahari, termasuk kanker kulit dan photoaging.

Orang-orang tipe 2 dan 3 memiliki kulit putih dengan pigmentasi lebih jelas, dan memiliki risiko sedang hingga tinggi untuk mengatasi masalah kulit akibat sinar matahari.

Sedangkan mereka dengan tipe 4 dan 5 memiliki warna kulit zaitun sampai cokelat, dan berisiko sedang sampai rendah untuk mengalami masalah-masalah kulit. Tipe 6 adalah mereka yang memiliki kulit cokelat tua sampai hitam. Risiko jenis kulit ini terhadap masalah kulit akibat sinar matahari hanya minimal.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X