Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Aparat Polda Metro Dapat Penghargaan dari Mensos

Kompas.com - 27/01/2010, 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Sosial Republik Indonesia Salim Segaf Al'Jufrie memberikan penghargaan kepada 35 jajaran aparat Polda Metro Jaya yang telah membantu Kementerian Sosial menjalankan program assesment dan perlindungan terhadap anak-anak jalanan.

Penghargaan tersebut diberikan Menteri Sosial, Rabu (27/1/2010), dalam acara rapat koordinasi nasional perlindungan anak jalanan di Kantor Kementerian Sosial RI Jakarta.

Ke-35 orang aparat Polda Metro Jaya dianggap layak mendapat penghargaan karena telah terlibat langsung, turun ke lapangan melakukan assesment atau pendataan profil dengan pendekatan kooperatif terhadap seluruh anak jalanan yang ada di Jakarta sehingga membantu Kementerian Sosial mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kondisi nyata anak-anak jalanan di seluruh Jakarta.

Assesment ini juga merupakan salah satu pendekatan awal yang merupakan bagian dari program baru Kementerian Sosial terkait penanganan masalah anak jalanan di Jakarta.

"Assesment merupakan langkah awal dari upaya penanganan masalah anak-anak jalanan yang sedang Depsos jalankan. Kami melakukan pembicaraan dari hati ke hati langsung dengan anak-anak jalanan untuk mendapatkan gambaran karakteristik dan kehidupan mereka. Setelah proses assesment berjalan, baru akan dilakukan pemetaan untuk mencari langkah konkret strategis untuk melakukan 'penarikan' anak-anak jalanan. Upaya pendekatan assesment ini juga diharapkan dapat menghilangkan cara-cara klasik dalam menangani masalah anak jalanan seperti razia-razia anak dengan satpol PP," papar Menteri Sosial seusai menyerahkan penghargaan pada hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com