Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie: Jangan Sedikit-sedikit "Impeach"-lah...

Kompas.com - 30/01/2010, 13:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Isu impeachment atau pemakzulan terhadap Presiden dan Wakil Presiden marak dibicarakan akhir-akhir ini menyusul pembahasan kasus Bank Century oleh Pansus Hak Angket Pengusutan Kasus Bank Century DPR RI.

Bagaimana mantan Presiden BJ Habibie menanggapi isu impeachment? Perhatian utama, menurut Habibie, harus diarahkan pada koridor hukum yang mengaturnya. Habibie mengatakan, Indonesia adalah negara hukum. Isu impeachment pun harus didasarkan pada UUD 1945 yang mengaturnya.

Selain itu, Habibie melihat bahwa biaya politik dan biaya sosialnya harus masuk dalam bahan pertimbangan.

"Kita juga harus melihat cost keseluruhannya, social political cost. Jangan sedikit-sedikit impeach. Serahkan kepada yang ahli, kepada yang menguasai UU," tuturnya di sela penerimaan gelar Honoris Causa dari Universitas Indonesia, Sabtu (30/1/2010).

Habibie mengajak semua pihak untuk memberi dukungan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) yang berwenang untuk mengkajinya. Tentu, menurutnya, MK pun akan mempertimbangkan pengorbanan yang harus dikeluarkan jika pemakzulan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com