Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita Lupus Dilarang Suntik Silikon

Kompas.com - 11/02/2010, 11:41 WIB

KOMPAS.com - Beberapa upaya yang dapat dilakukan orang dengan penyakit lupus (odapus) untuk menjaga kualitas kesehatan diri sendiri, antara lain:

* Hati-hati berada di bawah sinar matahari
Banyak odapus bermasalah dengan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Gunakan tabir surya yang mengandung SPF dan gunakan baju yang tertutup jika hendak bepergian, terutama bila keluar rumah pada pukul 09.00 - 16.00.

* Konsumsi makanan sehat dan seimbang
Meski tidak ada pantangan atau diet khusus bagi odapus, hendaknya batasi asupan makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan garam.

* Rutin berolahraga
Anda pencinta olahraga, tapi terkena lupus? Jangan khawatir, olahraga tetap bisa Anda lakukan. Pilih olahraga yang tidak terlalu berat agar tidak membuat Anda terlalu lelah. Berjalan kaki, peregangan, berenang, aerobik ringan, dan bersepeda masih bisa dilakukan dengan catatan harus diselingi istirahat. Agar lebih pasti, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda untuk mengetahui olahraga yang cocok. Sifat lupu berbeda antara penderita satu dengan yang lain.

* Stop merokok
Rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Banyak di antaranya yang dapat memicu cutaneous lupus.

* Hindari penggunaan silikon
Odapus hendaknya tidak melakukan suntik silikon untuk alasan kosmetik. Jika tetap ngotot ingin menggunakan silikon, konsultasikan dahulu dengan dokter ahli.

* Cerdas beristirahat
Keluhan mudah lelah sering dijumpai pada odapus. Untuk itu odapus harus sering beristirahat ketika beraktivitas. Yang perlu diingat, istirahat atau tidur terlalu lama juga dapat membuat tubuh lemah. Karenanya pandai-pandailah mengatur waktu istirahat di sela-sela kegiatan. (GHS/mic)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com