Hayooo... Mahasiswa ITB Harus Kembali ke Khitah

Kompas.com - 24/02/2010, 14:51 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenangan tim "BigBang" Institut Teknologi Bandung (ITB) berkat penelitian yang mereka namai dengan Moses di beberapa event internasional pada 2009 lalu diharapkan menjadi motivasi bagi gairah riset dan penelitian di kalangan mahasiswa Indonesia.

Demikian dikatakan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan ITB Jaji S Satira di sela jumpa pers kemenangan tim "BigBang" di Tanoto Student Research Award (TSRA) 2009 di Jakarta, Rabu (24/2/2010). Jaji mengatakan, ukiran prestasi ini perlu dijadikan pemompa langkah dan pemikiran mahasiswa ITB untuk kembali pada khitahnya, yaitu sebagai cendekiawan intelektual yang bukan semata hanya sibuk turun ke jalan dan berdemonstrasi, tetapi meneliti dan membuat karya ilmiah.

"Turun ke jalan tetap penting, tetapi untuk permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat saat ini mahasiswa ITB harus lebih menekankan pada aksi-aksi nyata yang aplikatif dan bisa dimanfaatkan langsung sebagai sebuah solusi," ujar Jaji.

Mulai 2007, lanjut Jaji, sejak ITB menggiatkan keikutsertaan para mahasiswa dalam berbagai himpunan mahasiswa pada berbagai lomba penelitian hingga saat ini, semakin banyak mahasiswa di himpunan-himpunan kemahasiswaan yang membuat dan mengirimkan karya-karya ilmiahnya untuk dilombakan.

"Hasilnya, jangan heran, pada pekan ilmiah mahasiswa nasional yang lalu jumlah proposal dari ITB bisa sampai 300," ujar Jaji.

Lebih lanjut, kata Jaji, prestasi tim "BigBang" yang terdiri dari empat mahasiswa jurusan Teknik Informatika ITB itu juga diharapkan dapat menjawab tantangan tentang masih minimnya dukungan pendanaan riset dan penelitian di kalangan generasi muda Indonesia selama ini. Menurutnya, prestasi dengan dukungan yang besar akan berbuah manis bagi generasi yang akan datang.

Adapun tim "Bigbang" dengan penelitian yang dinamainya Moses-nya itu berhasil mengukir prestasi pada Imagine Cup Indonesia 2009 (Juara I Kategori Desain Peranti Lunak) di Jakarta, Imagine Cup 2009 World Wide Final (Juara I Kategori Window Mobile Award) di Kairo, Indonesia ICT Award/INAICTA 2009 (Nominator Student Project tingkat Universitas) di Jakarta, Asia Pacific ICT Alliance/APICTA Award 2009 (Merrit Award-Tertiary Student Project) di Australia, serta Lomba Karya Ilmiah Antar Himpunan ITB atau TSRA 2009 di Bandung.

"Mereka harus kembali pada khitahnya sebagai cendekiawan muda," tambah Jaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.