Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenari Aman untuk Gula Darah

Kompas.com - 23/03/2010, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Belum waktunya makan siang, tapi perut sudah "bernyanyi"? Anda boleh kok, mengudap sesuatu di sela jam makan asalkan memilih makanan tepat dan sehat. Kacang-kacangan seperti kenari, misalnya, bisa menjadi pilihan kudapan yang sehat, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat gula darah tinggi. Jenis kudapan ini aman dan tak membuat gula darah cepat naik.

Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi segenggam kenari setiap hari bisa membantu memperbaiki pembuluh darah pada penderita diabetes. Manfaat kenari bagi penderita diabetes dan kaitannya dengan gula darah di antaranya:

Fungsi endotel meningkat
Sel endotel pembuluh darah merupakan satu lapis sel yang terletak di antara aliran darah dan jaringan. Penelitian pada dua orang penderita diabetes yang mengonsumsi kenari setiap hari selama 8 minggu menunjukkan, fungsi endotel membaik secara signifikan. Sel endotel menjadi salah satu sasaran ketika penyakit diabetes mulai menjalar dan menyerang pembuluh darah. Jika sel ini berfungsi baik, pembuluh darah penderita diabetes terlindungi.

Mencegah plak di arteri
Kenari memiliki kandungan asam alfa linolenat yang tinggi. Kandungan ini membantu melindungi arteri, dan melawan terjadinya plak di arteri.

Mengendurkan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah
Kenari mengandung asam amino yang disebut L-arginin yang tinggi. Kandungan ini membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah.  

Tidak membuat berat atau lingkar pinggang bertambah
Kandungan protein dan serat dalam kenari tidak membuat tubuh Anda menjadi melar karena kudapan kacang-kacangan setiap hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com