Nyeri Punggung dan Leher, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 07/04/2010, 16:57 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Sakit nyeri punggung dapat menyerang siapa saja, dari segala kelas, profesi, laki-laki maupun perempuan, muda ataupun tua. Tak seorang pun dapat memahami rasa ketidakberdayaan dan penderitaan yang dialami jika sedang terkena nyeri punggung.

Beberapa faktor risiko bagi kondisi ini termasuk faktor ekstrinsik meliputi pekerjaan fisik yang berat, sering membungkuk dan mengangkat benda berat, terlalu lama duduk saat bekerja dan rokok.  Sedangkan faktor intrinsik di antaranya kelainan tulang belakang, kegemukan dan tinggi badan juga merupakan faktor risiko.

Penyebab paling umum pada nyeri punggung dan leher adalah facia otot. Otot tegang dapat disebabkan oleh cedera saat olah raga dan mengangkat beban berat. Penyebab umum lain yaitu spondylosis tulang belakang.

Pada kondisi ini, ada kerusakan pada diskus tulang belakang, yaitu bantalan tulang belakang. Hal ini menyebabkan degenerasi diskus dan pengerasan pada pembentukan tulang baru yang mana dapat menyebabkan tekanan pada saraf yang keluar dari tulang belakang menuju ke lengan dan kaki. Saraf tulang belakang itu sendiri mengecil akibat hal ini.

Jika parah, hal ini dapat mengakibatkan mati rasa dan kelemahan pada lengan dan kaki. Penyakit sendi, yang merupakan degenerasi dan radang sendi, yang menghubungkan ruas tulang belakang yang satu dengan yang lainnya, adalah sumber lain dari sakit leher dan punggung. Scoliosis adalah di mana terdapat bawaan dari tulang belakang yang melengkung dan ini penyebab lain dari sakit punggung.

Sedangkan penyebab yang kurang umum termasuk infeksi tulang belakang misalnya dari tuberkulosis, pembentukan abses dapat juga timbul bersama dengan sakit punggung bawah. Sakit punggung mungkin juga memunculkan keluhan adanya tumor; biasanya metastasis dari kanker payudara, prostat, paru-paru, ginjal ataupun tiroid. ©FlyFreeForHealth2010

Dr Charles Siow
Consultant Neurologist and Pain Specialist
di Siow Neurology Headache and Pain Centre, Singapura

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.