Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Hortikultura Lewat Konsorsium

Kompas.com - 11/06/2010, 08:57 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura kini memiliki program baru pengembangan komoditas hortikultura seperti sayuran dan biofarmaka. Program baru pengembangan komoditas hortikultura dilakukan dalam bentuk konsorsium.

Menurut Direktur Budidaya Tanaman Sayuran dan Biofarmaka pada Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Yul H Bahar, konsorsium ini melibatkan masyarakat (petani, pekebun, kelompok tani, gapoktan, LSM, dan lainnya), pelaku usaha (penangkar benih, nursery, pedagang, industriawan, dan champions), pakar (dosen, peneliti, sarjana, praktisi dari ilmu tertentu, otodidak, penyuluh dan lainnya) serta pelayan publik.

Konsorsium merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang dilakukan dalam bentuk inisiasi membangun kerja sama dan jaringan. Konsorsium yang sudah terbentuk antara lain pengembangan industri temulawak antara PT SOHO Pharmasi Industri, Ditjen Hortikultura, IPB, dan Pemda Sukabumi. Konsorsium Pengembangan Jamur Merang, Konsorsium Agribisnis Bawang Merah, Konsorsium Pa'Camat (paprika, cabai, dan tomat), serta Konsorsium Sayuran Organik Sumatera. Berbagai program yang ada sebelumnya Pengembangan Kawasan Hortikultura, Gerakan Anti Ganja, Penerapan Budidaya Pertanian yang baik GAP, Standar Operasional Prosedur; Promosi, Kampanye, Advokasi, dan Edukasi; Promosi Citra, Apresiasi, dan Cinta Hortikultura; Gema Sayuran; Fasilitas Terpadu Investasi Hortikultura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com