Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dismenorhae: Nyeri Saat Haid

Kompas.com - 14/06/2010, 21:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suatu proses yang normal jika seorang wanita mengalami haid atau menstruasi. Hal ini terjadi karena adanya peluruhan dinding (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan biasanya terjadi rutin setiap bulan kecuali pada masa kehamilan.

Pada sebagian wanita, biasanya akan mengalami masa yang menyiksa yaitu proses haid yang disertai dengan nyeri atau rasa sakit. Sebenarnya normal bila seorang wanita merasa nyeri, hanya terkadang seorang wanita merasakan nyeri haid yang sangat hebat sampai mengganggu aktivitasnya. Nyeri haid pada taraf yang berat ini sering disebut dengan dismenorhae.

Gejala mungkin mulai mucul 1-2 hari sebelum menstruasi, puncaknya pada hari pertama aliran, dan mereda pada hari itu atau selama beberapa hari. Rasa sakit biasanya digambarkan sebagai tumpul, sakit, kram dan sering menjalar hingga punggung bawah.

Sexxie.tv mengundang anda untuk mengikuti seminar online dengan topik, “Dismenorhae: Nyeri Saat Haid", Kamis, 17 Juni 2010, pukul 14.00-15.00 WIB, bersama Dr Stella Melisa Thomas, seorang dokter umum, lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta. Dia juga merupakan Koordinator Kelompok Medis di FlyFreeForHealth.

Siapkan perangkat komputer, koneksi internet dan speaker untuk mengikuti presentasi dari Dr Stella mengenai topik menarik ini. Anda pun dapat bebas memberikan pertanyaan yang akan langsung di jawab, gratis!

Daftar sekarang melalui SMS. Ketik <alamat email anda><spasi>SW0310 ke +65 98473224 untuk mendapatkan undangan menghadiri webinar ini yang akan dikirimkan ke email anda. Klik link yang ada di undangan, ikuti langkah-langkah selanjutnya, dan anda akan dengan mudah memasuki ruang webinar. Untuk infomasi lebih lanjut kunjungi www.sexxie.tv atau email ke info@sexxie.tv.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com