Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Koalisi PDIP-Demokrat

Kompas.com - 20/06/2010, 08:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tjahjo Kumolo kembali menegaskan, tidak ada arah koalisi antara PDI-P dan Demokrat. Hal ini disampaikan ketika ditanya soal momen Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, bersalaman dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di DPR pada 1 Juni lalu.

"Tidak ada arah koalisi. Tidak ada hal yang khusus," ujar Tjahjo kepada para wartawan di sela-sela acara gerak jalan memperingati hari lahir Pancasila, Minggu (20/6/2010) di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hal senada disampaikan Ketua DPP PDI-P Andreas Pareira. Menurutnya, Kongres III PDI-P sudah menetapkan bahwa platform politik partai moncong putih tersebut adalah oposisi. "(PDI-P) tentu tidak mungkin berkoalisi dengan Partai Demokrat yang jelas-jelas adalah partai pemerintah. Jadi, untuk lima tahun ke depan, peran oposisi ini yang akan dimainkan oleh PDI-P," ujar Andreas.

Menurutnya, menjadi partai oposisi yang konstruktif akan jauh lebih bermanfaat bagi pertumbuhan demokrasi yang sehat di Indonesia ketimbang berpura-pura membangun koalisi padahal substansinya konspirasi yang membohongi rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com