Manfaat Menggendong Anak di Pinggang

Kompas.com - 19/08/2010, 08:32 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Anda tentu mengenali cara orang Asia menggendong anak. Kebanyakan perempuan Asia menggendong anak di pinggang. Cara ini ternyata berbeda dari cara para perempuan di negara-negara barat, yang kadang-kadang menggendong sekenanya saja.

Bila hal ini terjadi pada Anda, tak perlu merasa ada yang salah dengan diri Anda. Justru, menggendong di pinggang memiliki keuntungan terhadap perkembangan fisik anak perempuan.

Persendian panggul anak terbentuk sesuai jenis kelamin. Perkembangannya dipengaruhi oleh hormon seks, selain oleh pengaruh bagaimana seorang anak perempuan dibesarkan. Untuk sehatnya, lebih baik jika anak perempuan dibiasakan mengikuti tradisi menggendong di pinggang layaknya gaya ibu Asia.

Dengan cara digendong seperti itu, persendian panggul anak perempuan berkesempatan mekar lebih lebar. Susunan sendi panggul berkembang lebih feminin, sehingga lebih lebar membukakan jalan bila melahirkan kelak.

Demikian pula pilihan buang air besar gaya nenek moyang kita yang memilih berjongkok, dan bukan duduk di kloset. Dengan membiasakan posisi berjongkok selama buang air besar sejak kecil, susunan persendian tulang-tulang panggul mendapat kesempatan berkembang lebih mekar melebar, alias berpanggul lebar.

Sumber: Buku Cantik, Cerdas & Feminin, oleh Dr Handrawan Nadesul

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.