Bisakah Manusia Hidup Tanpa Bakteri?

Kompas.com - 04/09/2010, 09:19 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Fakta bahwa ada triliunan kelompok bakteri yang hidup di kulit dan dalam tubuh kita tentu membuat kita bergidik ngeri. Namun, sejauh manusia tak mungkin hidup tanpa makanan dan nutrisi, kita tak mungkin hidup tanpa bakteri.

Di dalam sistem pencernaan, bakteri membantu mencerna makanan, seperti serat yang berasal dari sayuran, yang tidak bisa kita cerna sendiri. "Kita mendapatkan nutrisi dari makanan yang diasup berkat jasa bakteri," kata Anne Maczulak, ahli mikrobiologi dan penulis buku Allies and Enemies: How the World Depends on Bacteria.

Bakteri jualah yang menyuplai kebutuhan vitamin kita, seperti biotin dan vitamin K. Penelitian yang dilakukan pada kelinci percobaan yang dibiakkan di lingkungan steril tanpa bakteri menunjukkan hewan malang itu kekurangan gizi dan mati lebih cepat dibanding hewan yang memiliki bakteri dalam tubuhnya.

Di luar tubuh, jutaan bakteri yang terdiri dari 200 jenis itu mendominasi lingkungan kulit. Baik di dalam maupun luar tubuh, paparan terhadap bakteri terbukti sangat penting untuk meningkatkan sistem imun.

Menurut Gerald Clalahan, ahli mikrobiologi, paparan terhadap bakteri, baik yang jinak maupun berbahaya, akan memancing respons sistem kekebalan tubuh untuk melawan serbuan patogen pada masa selanjutnya. Pada penelitiannya yang dimuat dalam New England Journal of Medicine, ia juga menunjukkan bahwa bayi dan anak-anak yang hidup di lingkungan terlalu bersih justru lebih rentan menderita asma dan alergi.

Dalam tubuh kita, jumlah bakteri baik dan bakteri jahat biasanya seimbang. Namun, jika jumlah patogen terlalu banyak, maka biasanya akan timbul gangguan penyakit atau infeksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.