Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Manusia Hidup Tanpa Bakteri?

Kompas.com - 04/09/2010, 09:19 WIB

KOMPAS.com — Fakta bahwa ada triliunan kelompok bakteri yang hidup di kulit dan dalam tubuh kita tentu membuat kita bergidik ngeri. Namun, sejauh manusia tak mungkin hidup tanpa makanan dan nutrisi, kita tak mungkin hidup tanpa bakteri.

Di dalam sistem pencernaan, bakteri membantu mencerna makanan, seperti serat yang berasal dari sayuran, yang tidak bisa kita cerna sendiri. "Kita mendapatkan nutrisi dari makanan yang diasup berkat jasa bakteri," kata Anne Maczulak, ahli mikrobiologi dan penulis buku Allies and Enemies: How the World Depends on Bacteria.

Bakteri jualah yang menyuplai kebutuhan vitamin kita, seperti biotin dan vitamin K. Penelitian yang dilakukan pada kelinci percobaan yang dibiakkan di lingkungan steril tanpa bakteri menunjukkan hewan malang itu kekurangan gizi dan mati lebih cepat dibanding hewan yang memiliki bakteri dalam tubuhnya.

Di luar tubuh, jutaan bakteri yang terdiri dari 200 jenis itu mendominasi lingkungan kulit. Baik di dalam maupun luar tubuh, paparan terhadap bakteri terbukti sangat penting untuk meningkatkan sistem imun.

Menurut Gerald Clalahan, ahli mikrobiologi, paparan terhadap bakteri, baik yang jinak maupun berbahaya, akan memancing respons sistem kekebalan tubuh untuk melawan serbuan patogen pada masa selanjutnya. Pada penelitiannya yang dimuat dalam New England Journal of Medicine, ia juga menunjukkan bahwa bayi dan anak-anak yang hidup di lingkungan terlalu bersih justru lebih rentan menderita asma dan alergi.

Dalam tubuh kita, jumlah bakteri baik dan bakteri jahat biasanya seimbang. Namun, jika jumlah patogen terlalu banyak, maka biasanya akan timbul gangguan penyakit atau infeksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com